Riau

Sudah 50 Ha Lahan Terbakar, Riau Segera Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla 2021

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau segera menetapkan status siaga darurat kabakaran hutan dan lahan (Karhutla) Riau tahun 2021.

Demikian disampaikan Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar usai menghadiri Rakorsus Karhutla tahun 2021 secara virtual yang dipimpin Menko Polhukam, di Gedung Daerah Pekanbaru, Selasa (9/2/2021).

"Tadi sudah diarahkan oleh pak Menko Polhukam, berhubung laporan BMKG beberapa wilayah di Riau sudah masuk musim panas, karena itu tadi diarahkan agar Riau menetapkan status siaga darurat Karhutla," kata Gubri kepada wartawan.

Berdasarkan arahan tersebut, lanjut Gubri, maka dalam waktu dekat Pemprov Riau akan segera menetapkan status siaga darurat Karhutla 2021.

"Secepatnya kita tetapkan. Dalam bulan ini kita tetapkan status siaga darurat Karhutla Riau 2021," jelasnya.

Namun sebelum status siaga darurat Karhutla Provinsi Riau ditetapkan, kata Gubri, terlebih pihaknya meminta kabupaten/kota yang daerahnya sudah kebakaran untuk menetapkan status siaga darurat Karhutla.

"Kita minta dulu kabupaten/kota menetapkan status. Karena syaratnya minimal harus dua kabupaten/kota menetapkan, baru provinsi menetapkan," terangnya.

Dijelaskan Gubri, sampai saat ini sudah empat daerah yakni Kota Dumai, Kabupaten Siak, Bengkalis, dan Rokan Hilir yang terjadi Karhutla.

"Kita harapkan diantara empat kabupaten/kota ini segera menetapkan status siaga darurat Karhutla, selanjutnya kami juga akan menetapkan," harapnya.

Gubri menambahkan, saat ini di Riau terpantau ada 18 titik api di beberapa daerah. Dari titik itu, terdapat 50 hektare lahan yang sudah terbakar.


Tulis Komentar