Riau

Destinasi Wisata Daerah Lain Tutup saat Libur Imlek, Riau Tetap Buka

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Sejumlah daerah di Indonesia menerapkan menutup destinasi wisata saat libur Imlek tahun 2021.

Seperti destinasi wisata di Bukittinggi, Sumatera Barat ditutup saat libur Imlek mulai 12-14 Februari, untuk mencegah penyebaran Covid-19. Bagaimana dengan destinasi pariwisata di Provinsi Riau?

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau, Roni Rakhmat mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum ada rencana untuk menutup destinasi wisata di kabupaten/kota saat libur Imlek 2021.

"Di Riau destinasi pariwisata tetap buka saat libur Imlek," kata Roni Rakhmat kepada wartawan, Kamis (11/2/2021) di Pekanbaru.

Meski demikian, Roni menegaskan namun pengelola destinasi pariwisata di Riau diminta untuk mematuhi dan menyiapkan protokol kesehatan (Prokes).

"Prokes tetap harus menjadi perhatian pengelola destinasi wisata. Kita sudah ingatkan itu. Mereka harus menyiapkan tempat cuci tangan, memastikan setiap pengunjung pakai masker, membatasi jumlah kunjungan agar tidak terjadi kerumunan. Termasuk setiap pengunjung harus dilakukan harus dicek suhu tubuhnya," terangnya.

Selain itu, lanjut Roni, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota se-Riau melakukan pemantauan destinasi wisata saat libur Imlek, guna memastikan Prokes Covid-19 berjalan dengan baik.

"Tim pemantauan sudah kita siapkan. Kita bagi tugas dengan Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota keliling memantau Prokes di setiap destinasi pariwisata," bebernya.

Di samping itu, Roni juga mengimbau masyarakat saat berkunjung di tempat destinasi wisata saat libur Imlek untuk mematuhi Prokes.

"Masyarakat juga kita imbau tetap mematuhi protokol kesehatan selama berada di tempat wisata, pakai masker, jaga jarak dan hindari kerumunan," tutupnya.


Tulis Komentar