Riau

Pemko Pekanbaru Siap Laksanakan PPKM, Tapi Anggaran Belum Jelas

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru siap melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Tapi, anggaran untuk pemberlakuan PPKM itu belum jelas.

Asisten I Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru Azwan mengatakan, Pemko juga masih menunggu petunjuk dari Pemerintah Provinsi Riau untuk PPKM di Pekanbaru. Kata Azwan, memang hari Senin lalu Pemko sudah rapat dengan camat dan lurah terkait posko siaga di lingkungan masyarakat.

Menurutnya, untuk persiapan dari sisi pelaksanaan sendiri Pemko mengaku siap jika memang benar diterapkan PPKM. Namun, Ia mengaku masih terkendala terkait penganggaran untuk penerapan PPKM.

Apalagi tahun 2021 ini bakal ada refocusing jika PPKM ini benar diterapkan. "Sisi pelaksanaan kita siap, tapi untuk penganggaran kita belum begitu jelas. Karena perlu pergeseran anggaran," kata Azwan, Kamis (11/2/2021).

Tapi, kata dia, persoalan itu akan dirapatkan bersama Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT. Hingga saat ini, Ia menilai kondisi kasus covid-19 cukup terkendali. Sejumlah wilayah berdasarkan pemetaan kecamatan masih berada pada zona kuning, atau resiko tingkat penyebaran rendah.

"Data dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, kasus aktif covid-19 di Kota Pekanbaru mencapai 529 kasus. Total tercatat 13.883 kasus covid di kota ini sejak Maret 2020 lalu," jelasnya.

Sebelumnya, pemerintah pusat mencanangkan PPKM sebagai langkah menekan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).


Tulis Komentar