Riau

KPU Riau Evaluasi Sirekap, Dinilai Perlu Tingkatkan Server

KPU Riau evaluasi aplikasi Sirekap Pilkada 2020.

GILANGNEWS.COM - KPU Provinsi Riau melakukan evaluasi aplikasi Sirekap Pilkada 2020. Evaluasi dilakukan dengan pertemuan tatap muka di Aula Lantai 2 KPU Provinsi Riau, Sabtu (13/2/2021).

Komisioner KPU Riau, Nugroho Noto Susanto mengatakan, bahwa KPU pada Pilkada 2020, berinovasi dengan aplikasi rekapitulasi atau dikenal dengan Sirekap. Dengan aplikasi Sirekap tersebut, diharapan proses menghitung suara di TPS, Kecamatan, Kabupaten, hingga Provinsi berjalan dengan cepat, transparan, dan akuntabel.

Hanya saja, sebagai sebuah inovasi baru, dan apalagi terkait dengan penerapan teknologi digital, tentu masih terdapat lubang-lubang yang harus diperbaiki.

Dalam rangka memperbaiki kelemahan-kelamahan tersebut, KPU melakukan evaluasi termasuk di Provinsi Riau. Dengan model diskusi Kelompok terpumpun, KPU Riau menghimpun berbagai masukan yang dikumpulkan dari tingkat KPPS, PPS, PPK, dan KPU Kab./Kota se-Provinsi Riau.

"Data yang terkumpul dibentangkan, diklasifikasi, dianalisis, dan ditemukan sintesis peta jalan transformasi aplikasi Sirekap tersebut. Dari hasil evaluasi tersebut, KPU Riau akan menyampaikan berbagai masukan ke KPU RI. Dengan demikian, terdapat perbaikan aplikasi sirekap pada penyelenggaraan Pemilu/Pilkada di masa yang mendatang," kata Nugroho.

Ke depan, kata Nugroho, Sirekap masih dapat diteruskan pada penyelenggaraan pemilu/pilkada. Pemilu dan Pemilihan (Pilkada) harus selalu berinovasi di era digital. KPU selalu berusaha memikirkan aplikasi berbasis digital terhadap pelaksanaan tahapan. Inovasi tersebut bergaris lurus dengan prinsip efektifitas, efisiensi, akuntabilitas, dan transparan dalam penyelenggaraan tahapan Pemilu/Pemilihan.

Selain Sirekap, KPU memiliki beberapa aplikasi lain. Misalnya untuk melihat keanggotaan partai politik, KPU mengembangkan aplikasi Sipol. Dari aplikasi tersebut, kita bisa melacak riwayat keanggotaan seseorang dalam partai politik. Aplikasi Dana Kampanye (Sidakam), memudahkan kita untuk membaca tentang dana kampanye.

Aplikasi Sidalih terkait data pemilih membantu kita untuk melakukan akurasi data pemilih. Aplikasi Hitung suara untuk Pemilu atau populer dengan Situng memudahkan kita untuk melihat pergerakan suara dan mendokumentasikan perolehan suara. Semoga Aplikasi sirekap dan aplikasi lainnya semakin baik dan membantu terhadap pelaksanaan Pemilu/Pemilihan di Indonesia," cakapnya lagi.

Lebih jauh, pria yang akrab disapa Nugi ini mengatakan, beberapa perbaikan yang muncul saat rapat koordinasi Evaluasi Sirekap adalah antara lain daya server. Jaringan internet, perangkat HP dan Kapasitas SDM sebagai pengguna Sirekap.

Nugi menjelaskan, daya server ini kaitannya dengan aplikasi sistem informasi rekapitulasi. masih ditemukan Sirekap mengalami penurutan performa (down) saat diinstalasi secara masif. Di antara penyebabnya karena banyaknya pengguna yang mengaktivasi dalam waktu bersamaan, sehingga sistemnya menjadi berat diakses, dan bahkan down.

"Rekomendasi yang kami sampaikan adalah agar memperbaiki daya dan kekuatan server Sirekap sehingga sistem tersebut mampu mengakomodasi pengguna Serikap yang bersifat masal, masif, dan cepat," cakapnya.

Sedangkan, jaringan Internet berkaitan dengan kualitas dan pemerataan jaringan internet di seluruh lokasi TPS, PPS, Kecamatan, Kabupaten/Kota. Kenyataannya, masih terdapat daerah-daerah blank spot atau tak tersedianya kualitas jaringan internet yang memadai. Untuk itu, KPU Rau menyarankan agar sinergi dengan Pemerintah khususnya Menkominfo ditingkatkan agar ketersediaan jaringan internet menjadi lebih baik lagi.

"Sedangkan kapasitas SDM berhubungan dengan kemampuan atau kecakapan penyelenggara pemilu di setiap tingkatan dalam menggunakan Sirekap tersebut. Karena sistem informasi rekapitulasi ini terbilang baru, diperlukan kecepatan dan keahlian dalam menggunakannya. Upaya pendidikan atau bimbingan teknis diharapkan lebih panjang waktunya, sehingga KPU memiliki cukup waktu untuk mensosialisasikan ke pengguna Sirekap," tukasnya.

 


Tulis Komentar