Riau

Hasil Kolaborasi YTWU dan Medikatan; 88 Anak dan Dewasa Dikhitan

GILANGNEWS.COM - Yayasan Tabungan Wakaf Umat (YTWU) yang berkolaborasi bersama Klinik Khitan Medikatan melaksanan khitanan masal bertempat di kantor YTWU yang berada di Jalan Hangtuah, Pekanbaru, Sabtu (13/2/2021).

Muhammad Hanafi, Sekretaris YTWU mengatakan dalam khitan masal kali ini menggunakan metode yang canggih. Metode tersebut biasa disebut dengan metode Sunathrone.

"Metode ini menggunakan klamp yang didatangkan langsung dari Malaysia," cakapnya, Sabtu (13/02/2021).

Khitanan masal ini setidaknya diikuti 88 orang peserta dari berbagai usia, termasuk juga satu orang dewasa yang baru memeluk agama Islam.

"Rata-rata peserta yang ikut khitan masal ini anak-anak dengan usia dini, dan tadi ada satu orang mualaf yang sudah dewasa," jelasnya.

Hanafi menjelaskan latar belakang dipilihnya kegiatan sosial berupa khitanan masal ini karena didasari di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini banyak masyarakat yang ekonominya terdampak, sehingga jika ingin mengkhitan anak lelakinya harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

"Khitan dengan metode klamp ini memiliki biaya yang cukup besar, sekitar Rp1,5 juta. Terlebih saat ini sangat jarang ada khitanan masal," bebernya.

Ia mengakui khitanan masal ini mendapat antusiasme yang sangat tinggi dari masyarakat, bahkan ada beberapa calon peserta yang ditolak karena mengingat terbatasnya kapasitas tempat dan juga para medis.

Karena tingginya antusiasme dari masyarakat, yayasan yang berisi sejak bulan Juni tahun 2020 ini berencana akan menggelar khitanan masal di setiap bulannya. Sebelum melakukan khitanan masal, YTWU sudah banyak melakukan kegiatan sosial seperti waqaf Alquran, pendirian sekolah, dan kegiatan sosial lainnya.

"Setiap bulan, rencananya akan kita adakan khitanan masal ini, hal ini kita lakukan karena besarnya antusiasme dari masyarakat," pungkasnya.


Tulis Komentar