Riau

Antisipasi Karhutla 2021, Riau Usulkan Tiga Helikopter ke BNPB

Edward Sanger.

GILANGNEWS.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengajukan bantuan tiga unit helikoter ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPN) untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Riau tahun 2021.

Demikian disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edward Sanger kepada wartawan, Rabu (17/2/2021).

"Untuk tahap awal ini kami minta bantuan tiga helikopter. Karena untuk kebutuhan saat ini sudah mencukupi untuk pengendalian dan pencegahan Karhutla di Riau," kata Edward.

Lebih lanjut Edward menjelaskan, tiga unit helikopter tersebut nantinya akan digunakan untuk kegiatan water boombing sebanyak dua unit, dan satu unit untuk patroli.

"Helikopter akan dikirimkan ke Riau dalam waktu dekat setelah semua administrasi dan perizinan selesai," ujarnya.

Selain pengajuan tiga peminjaman helikopter ke BNPB, sebut Edward, ihaknya tengah menjalin komunikasi dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk kegiatan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

"Kami sedang berusaha untuk pesawat TMC. Karena saat ini masih memungkinkan untuk dilakukan TMC, karena potensi masih ada," cakapnya.

Untuk diketahui, usulan bantuan helikopter tersebut dilakukan setelah Pemerintah Provinsi Riau menetapkan status siaga darurat Karhutla tahun 2021. Status siaga darurat Karhutla dimulai 15 Februari sampai dengan 31 Oktober 2021.


Tulis Komentar