Riau

Untuk Pembangunan Tugu Roda Terbang, DPRD Tak Temukan Anggaran

Loading...

GILANGNEWS.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berencana membangun Tugu Roda Terbang di Komplek Perkantoran Tenayan Raya tahun 2021 ini. Namun DPRD Kota Pekanbaru menyebut tidak ada anggaran pembangunan tersebut di APBD.

"Enggak ada (anggaran) terlihat, RKPD yang dimasukan mereka (PUPR) tidak lagi dibahas di 2021. Masalah anggaran apakah sudah berbentuk suatu anggaran DPA atau RKA itu, kita (DPRD) belum tahu apa isinya karena setelah menjadi RKPD KUA PPAS menjadi pra RKA belum ada ketemu," cakap anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru, Roni Pasla, Rabu (3/3/2021).

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga menegaskan bahwa sejak lama Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru meminta Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) kepada PUPR Pekanbaru, namun hingga saat ini DPA tersebut urung juga diberikan.

"Alasan mereka (PUPR) masih perubahan dan penyusunan, masalahnya di situ," jelasnya.

Loading...

Selanjutnya ketika DPA tersebut sudah diberikan PUPR kepada DPRD Pekanbaru, Roni menegaskan tak serta-merta pembangunan Tugu Roda Terbang tersebut bisa dibangun oleh Pemko Pekanbaru. Hal tersebut tak terlepas dari suara masyarakat Pekanbaru yang banyak menolak pembangunan karena dinilai hanya pemborosan anggaran.

"Walaupun sudah dibahas dan pembangunan tugu bukan menjadi suatu yang prioritas, bisa saja dialihkan kembali. Penolakan dari masyarakat luar biasa, yang kita dengar dari dewan inikan suara masyarakat," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya Pembangunan Tugu Roda Terbang di Pekanbaru masih menjadi polemik. Masyarakat menolak pembangunan tugu tersebut karena dinilai hanya pemborosan anggaran di masa pandemi Covid-19.

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Indra Pomi mengatakan bahwa Tugu Roda Terbang tersebut sebelumnya sudah didesain oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Tak hanya tugu, Indra Pomi mengatakan Pemko juga telah mendesain beberapa bundaran serta persimpangan yang ada di Pekanbaru.

Untuk Tugu Roda Terbang sendiri, Pomi mengatakan pembangunan sudah direncanakan sejak tahun 2019. Selanjutnya pembangunan tugu tersebut dimasukkan di APBD 2020 ke dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD).

Namun karena Refocussing atau pergeseran anggaran untuk penanganan Covid-19, pembangunan Tugu Roda Terbang tidak jadi dilaksanakan.

"Di tahun ini (2021) kita coba anggarkan lagi, kalau memungkinkan kita akan bangun. Ada di APBD murni 2021, anggarannya kurang lebih ada Rp6 miliar," jelasnya.

Filosofi Tugu Roda Terbang ini sendiri menurut Indra Pomi menjelaskan bahwa Roda Terbang tersebut ada di dalam logo Kota Pekanbaru, secara filosofi Roda Terbang menunjukan pembangunan yang cepat dan dinamis.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar