Riau

55 Hotspot Terpantau di Riau

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Klimatologi (BMKG) mencatat adanya kenaikan titik panas atau hotspot di Provinsi Riau, Kamis (4/3/2021).

Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru Ahmad Agus Widodo mengatakan untuk hari ini ada 55 titik panas di Provinsi Riau.

"Jumlah ini memang naik dibanding hari sebelumnya," ujar Ahmad Agus Widodo, Kamis (4/3/2021).

Ia mengatakan 55 titik panas terpantau di 7 wilayah dengan sebaran terbanyak itu berada di Kabupaten Bengkalis dan Pelalawan yakni sebanyak 11 titik.

"Selanjutnya adalah Kabupaten Siak 10 titik, Kepulauan Meranti sebanyak 8 titik, Rokan Hilir dan Dumai masing-masing 6 titik dan Kabupaten Indragiri Hilir sebanyak 3 titik," ungkapnya.

Ia mengatakan dari jumlah tersebut, 5 titik diantaranya berada di level tinggi. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut dipastikan ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan. 

"Sementara untuk 5 titik lainnya berada di level rendah dan 45 titik lagi berada di level sedang. BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," sebutnya.

Suhu udara Riau berada di angka 23.0 - 34.0 °C dengan kelembaban udara 40 - 97 %. Sementara arah angin berhembus ke Timuran dengan kecepatan 05 - 30 km/jam 

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 - 1.25 m (rendah). 


Tulis Komentar