Riau

90 Persen Lahan di Pekanbaru Ternyata Sengaja Dibakar

Karhutla di Jalan Tanjung Datuk Pekanbaru.

GILANGNEWS.COM - Sejak Januari 2021, ada 13 hektare kebakaran lahan di Kota Pekanbaru. 90 persen diantaranya diduga sengaja dibakar oknum tidak bertanggung jawab.

"Apapun menurutnya, 90 persen kejadian kebakaran pasti disengaja," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru Zarman Candra, Senin (8/3/2021).

Kata dia, kejadian kebakaran lahan kosong ini mendominasi di tiga Kecamatan di Pekanbaru. Seperti Kecamatan Rumbai, Payung Sekaki, dan Tenayan Raya.

"Ada 20 kejadian, dengan total lahan terbakar mencapai 13 hektare lebih," kata dia.

Saat ini Kota Pekanbaru berada pada status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Status ini sesuai dengan yang ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Kondisi ini diakibatkan Provinsi Riau dilanda musim kemarau. Musim kemarau dengan tingkat kekeringan yang tinggi membuat potensi terjadinya Karhutla.

"Target kita zero fire. Pekanbaru dengan luas 632,26 kilometer persegi, sebagian besar wilayahnya merupakan lahan gambut. Ini yang harus kami rencanakan, aksi ke depannya bentuk imbauan pada masyarakat," jelasnya.

Kata dia, BPBD melakukan koordinasi dengan aparat penegak hukum untuk sanksi bagi oknum yang sengaja melakukan pembakaran lahan. Ia tidak menampik, saat ini BPBD sendiri masih alami keterbatasan personel.

"Saat ini ada 30 personel yang berjaga setiap hari untuk mengontrol sejumlah wilayah lahan kebakaran," jelasnya.


Tulis Komentar