Riau

BPBD Sebut Pekanbaru Masih Aman Meski 60 Persen Wilayah Gambut

Karhutla di Jalan Tanjung Datuk Pekanbaru.

GILANGNEWS.COM - Meski 60 persen wilayah Kota Pekanbaru merupakan gambut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyebut ibukota Provinsi Riau itu masih aman dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra mengatakan, Pekanbaru belum terlalu membutuhkan suplai peralatan atau perlengkapan dalam menghadapi situasi Karhutla.

"Saat ini situasi kita belum terlalu butuh suplai. Akan tetapi, bukan mendoakan ya, bilamana ke depan terjadi Karhutla seperti beberapa tahun lalu, kita sudah sampaikan kepada gubernur agar mendapatkan dukungan suplai, seperti pembangunan rumah sehat," kata Zarman, Jumat (12/3/2021).

Saat ini, BPBD hanya mempunyai satu unit mobil pemadam kebakaran (MPK), 1 unit truk dan empat unit sepeda motor untuk melakukan pemantauan titik api di 15 wilayah kecamatan.

Namun demikian, Zarman Candra mengklaim penanganan kebakaran lahan di Kota Pekanbaru masih berjalan dengan baik. Ia mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Pekanbaru serta PUPR Pekanbaru serta dinas lain yang memungkinkan.

Menurutnya, Kota Pekanbaru masih mencapai target nol titik api, karena langsung dapat memadamkan api begitu terpantau oleh tim BPBD. Hal ini kata dia berkat koordinasi dengan dinas-dinas tersebut serta organisasi-organisasi yang peduli api.

"Memang kalau dilihat, peralatan kita minim sekali. Tetapi kita sebenarnya cukup besar, karena berkoordinasi dengan DPKP dan PUPR," kata dia.


Tulis Komentar