Riau

Kabut Asap Mengancam Riau, Hari Ini Titik Api Melonjak

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Seratusan titik panas atau hotspot terpantau di Riau, Senin (15/3/2021). Jumlah ini meningkat drastis dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya.

"Hari ini terpantau 169 titik panas atau hotspot di Riau, terjadi lonjakan yang cukup signifikan," ujar Forecaster On Duty Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru Putri Santy Siregar, Senin (15/3/2021).

Ia mengatakan, 169 titik panas ini tersebar di 4 wilayah dengan sebaran terbanyak itu berada di kabupaten Bengkalis yakni mencapai 118 titik.

"Selanjutnya adalah Kabupaten Pelalawan sebanyak 34 titik, Kepulauan Meranti 16 titik dan Kota Dumai sebanyak satu titik," cakap Putri.

Ia mengatakan, dari jumlah tersebut, 34 titik diantaranya berada di level tinggi. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut dipastikan ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan. Titik api tersebut tersebar di Kabupaten Bengkalis sebanyak 32 titik, Kepulauan Meranti 1 titik dan Pelalawan satu titik.

"Untuk 135 titik lainnya berada di level rendah dan sedang. Rinciannya 7 titik di level rendah dan 128 titik berada di level sedang. BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," sebutnya.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 - 32.0 °C dengan kelembapan udara 60 - 98 %. Sementara arah agin berhembus ke arah Barat Laut - Timur Laut dengan kecepatan 05 - 36 km/jam

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 - 1.25 meter.


Tulis Komentar