Riau

Lanud Roesmin Nurjadin Kerahkan Flight F-16 untuk Operasi Penegakan Hukum dan Pengamanan Udara

Flight F-16.

GILANGNEWS.COM - Menjaga wilayah kedaulatan udara NKRI dalam rangka melaksanakan Operasi Penegakan Hukum dan Pengamanan Wilayah Udara (Opsgakkumpamwilud), Roesmin Nurjadin kerahkan 1 pesawat Flight F-16.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsma Andi Kustoro mengatakan, pesawat Flight F-16 beroperasi di wilayah udara sekitar timur laut perairan Tanjung Pinang sampai dengan Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau.

"Berdasarkan data dari Kohanudnas, ditemukan banyak sekali pelanggaran wilayah udara di daerah tersebut," ucap Andi, Selasa (16/3/2021).

Opsgakkumpamwilud bertujuan untuk menjamin terciptanya kondisi wilayah udara nasional dan pangkalan udara yang aman serta bebas dari pelanggaran navigasi.

Pelanggaran hukum di wilayah udara termasuk di dalamnya adalah pelanggaran di kawasan wilayah udara terlarang dan terbatas, zona identifikasi pertahanan udara maupun pelanggaran ruang udara di atas ALKI.

"TNI AU khususnya Lanud Roesmin Nurjadin akan terus menjaga dan mengamankan dari setiap ancaman, gangguan maupun pelanggaran terhadap wilayah udara nasional, tentunya hal ini akan terus berkordinasi dengan pimpinan, yang jelas Lanud Roesmin Nurjadin tidak akan pernah tidur dan siap siaga menjaga wilayah udara Indonesia yang tercinta," ungkapnya.


Tulis Komentar