Riau

RSIA Annisa Pekanbaru Hadirkan Rehabilitasi Medik , Cegah Gangguan Tumbuh Kembang Anak

Klinik Rehabilitasi Medika di RSIA Annisa Pekanbaru.

GILANGNEWS.COM - Rumah Sakit Ibu Anak (RSIA) Annisa Pekanbaru terus berkembang dengan pesat untuk mengakomodir hampir seluruh kebutuhan kesehatan ibu dan anak.

Hal itu semakin terlihat dengan dibukanya Klinik Rehabilitasi Medika di rumah sakit yang berada di Jalan Garuda, Kecamatan Marpoyan Damai ini.

Direktur RSIA Annisa, dr Wilmmi Mars,Cba mengatakan dengan dibukanya Klinik Rehabilitasi Medika ini sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan RSIA Annsia kepada masyarakat Pekanbaru.

"Di sini kebutuhan terkait rehab medik, terutama yang mengacu pada tumbuh kembang anak, yang mengacu kepada layanan unggulan kami saat ini. Sehingga bisa memenuhi pelayanan terhadap masyarakat, terutama untuk pelayanan rehab medik," cakapnya, Sabtu (20/3/2021).

Lanjut Wilmmi, rehabilitasi medik merupakan bentuk pelayanan kesehatan yang terpadu dengan pendekatan medik, psikososial, edukasional, vokasional untuk mencapai kemampuan fugsional semaksimal mungkin.

“Untuk layanan rehabilitasi medik dilakukan oleh tim dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, fisioterapis, terapis wicara, okupasi terapis, psikolog, ortotis prostetis,” jelasnya.

Seiring dengan perubahan waktu dan juga gaya hidup yang tidak sehat, dr Wilmmi menerangkan saat ini banyak timbul gangguan-gangguan terkait tumbuh kembang anak. Di RSIA Annisa juga ada layanan tumbuh kembang anak yang berkaitan dengan rehabilitasi fisik dan fisioterapi.

Di RSIA Annisa, ada beberapa layanan deteksi dini gangguan tumbuh kembang anak, baik itu motoric kasar, halus, bicara, dan bahasa. Yang kedua, melayani rehabilitasi keterlambatan tumbuh kembang anak dan gangguan belajar anak.

“Ketiga, rehabilitasi gangguan emosi, perilaku, nyeri, habitual, dan postur. Layanan yang keempat, gangguan terkait perubahan tubuh pada masa kehamilan dan menyusui. Sedangkan layanan yang kelima, gangguan mobilisasi, ambulasi, dan keseimbangan,” bebernya.

Yang terakhir, di rehabilitasi medik RSIA Annisa juga terdapat rehabilitasi gangguan syaraf pusat, perifer, dan kemandirian aktivitas harian. Layanan yang ketujuh, tes IQ, Analisa karakter dan tes psikolog lainya. Kedelapan, layanan gangguan pembersihan jalan napas, fungsi jantung paru, berkemih, dan defekasi.

Sejatinya rehabilitasi medik sendiri bukan yang pertama di Pekanbaru, namun sudah ada di beberapa rumah sakit besar di Pekanbaru. Karena masih minimnya rehabilitasi medik di Pekanbaru sehingga menimbulkan antrean yang panjang, RSIA Annisa mencoba mengambil peluang tersebut.

“Di sini kami mengambil peluang tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan membuka layanan itu juga. Untuk saat ini masih melayani pasien umum, tapi Insyaa Allah ked depan kami akan bermitra dengan BPJS, kami akan proses untuk bisa memberikan layanan ini untuk pasien BPJS,” demikian katanya.

Untuk jadwal pelayanan instalasi rehabilitasi medik tersedia dari Senin hingga Jumat pukul 10.00 WIB hingga 18.00 WIB. Hari Sabtunya dari pukul 09.00 WIB sampai 14.00 WIB dengan dr. Putri Alfaridy Lubis dan dr. Nur Ahlina Damayanti,” jelasnya.


Tulis Komentar