Riau

400 Kepala Keluarga di 3 Kecamatan Pekanbaru Terdampak Banjir

Banjir di Kota Pekanbaru.

GILANGNEWS.COM - Tiga kecamatan di sekitar Sungai Sail Kota Pekanbaru terendam banjir sejak Senin lalu hari hingga hari ini, Rabu (31/3/2021). Total, ada delapan titik lokasi terendam banjir dan sekitar 400 kepala keluarga (KK) terdampak.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru lokasi pertama terletak di Perumahan Mande Villa Jalan Cengkeh Tangkerang Labuai RT 001 RW 004 Kecamatan Bukitraya. Jumlah warga yang terdampak di lokasi ini 98 KK dengan ketinggian air sekitar 1 meter lebih.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru Zarman Chandra mengatakan, jumlah rumah yang terendam banjir lebih kurang 120 unit. Sementara sarana dan prasarana yang digunakan satu perahu fiber lengkap dayung, life jacket dan tenda pengungsian.

Lokasi kedua, di Jalan Lembah Raya di Sungai Batak Kelurahan Tangkerang Utara Kecamatan Bukitraya. Ketinggian air mulai dari setengah meter dan ada yang lebih dari satu meter. Sementara lokasi ketiga di Jalan Wicaksana masuk ke Jalan As Sakinah Tangkerang Labuai RT 001 RW 010 Kecamatan Bukitraya.

"Di sini jumlah warga yang terdampak 60 KK, jumlah dan rumah yang terendam banjir 84 rumah. Ketinggian air mulai dari selutut dan sepinggang orang dewasa sekitar 1.5 meter. Di sini digunakan perahu Fiber ada 1 unit lengkap dayung dan life jacket juga tenda  pengungsian," jelasnya.

Kemudian, lokasi keempat di Jalan Karya Cipta, Tangkerang Labuai, Kecamatan Bukitraya.  Jumlah warga yang terdampak sekitar 20 KK dan jumlah rumah yang terendam banjir lebih kurang 10 rumah dengan ketinggian air maksimal satu meter lebih.

Lokasi kelima di Jalan Sakuntala Gang Kencana V, VI dan VII di Tangkerang Utara RT 015 RW Kecamatan Bukitraya. Disini, jumlah warga yang terdampak 30 KK dan jumlah rumah warga yang terendam banjir 45 rumah. Ketinggian air sekitar 1,5 meter dan sarana prasarana yang digunakan perahu fiber 1 unit lengkap dayung dan life jacket serta tenda pengungsian.

Sedangkan lokasi keenam di Jalan Pesantren Tangkerang Timur Kecamatan Tenayan Raya. Dengan ketinggian air sekitar 1,5 meter lebih. Lokasi ketujuh di Jalan Gunung Raya Gang Arrahman Kelurahan Rejosari Kecamatan Tenayan Raya. Disini ketinggian air sekitar 2 meter dan sarana prasarana yang digunakan perahu fiber 1 unit lengkap dayung dan life jacket.

"Terakhir, lokasi kedelapan di Jalan Dwikora, Suka Mulia, Kecamatan Sail. Disini, ketinggian air sekitar 1 meter dan digunakan perahu fiber 1 unit lengkap dan life jaket," jelasnya.

Zarman menuturkan, semua titik banjir sudah ditangani dengan menurunkan personil BPBD ke lokasi. Untuk tenda sudah didirikan. "Kordinasi dengan Dinas Sosial kalau mau bikin dapur umum sudah. Dan tadi pagi dilaporkan anggota sduah surut 20 cm. Sisanya masih 1,5 meter di dekat sungai," kata dia.

Sejauh ini, banjir masih bersumber dari luapan Sungai Sail. Untuk penanganan, BPBD Kota Pekanbaru sudah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk melakukan normalisasi. "Orang (PUPR) tu sudah mininjau tadi. Minta keterangan lokasi dan cek lapangan," jelasnya.

Kata dia, BPBD sejauh ini sudah menegakkan lima tenda pengungsi dan menurunkan empat perahu karet. "Jadi total semua KK terdampak itu 400-an rumah.  Kadang mereka ada yang bertahan di rumah, ada yang di tenda. Untuk di titik terendam semua pada ngungsi rata-rata ke keluarganya," jelasnya.


Tulis Komentar