Riau

Pekanbaru Bakal Terapkan Parkir Non Tunai

Ilustrasi.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru kembali lakukan sayembara perparkiran. Saat ini, instansi itu sedang menyiapkan keperluan untuk mencari mitra yang mengelola parkir di 88 ruas jalan di Pekanbaru.

Kepala Dishub Kota Pekanbaru Yuliarso menyebut, dalam sayembara ini akan lebih selektif menentukan mitra kerja. Sebab, kerjasama dengan pihak ketiga sebelumnya putus di tengah jalan.

Kata dia, mitra kerja harus mampu memenuhi seluruh poin perjanjian kerjasama. Salah satunya pengelolaan parkir yang nantinya berbasis elektronik. Mitra kerja harus mampu mengelola dengan manajemen yang baik dan berbasis IT.

"Jadi nanti berbasis elektronik. Apakah itu pengeluaran maupun pendapatan itu dilakukan non tunai," kata Yuliarso, Selasa (6/4/2021).

Loading...

Menurutnya, mitra kerja harus mampu menyiapkan alat berbasis elektronik tersebut. Karena pembayaran retribusi parkir menggunakan e-money (uang elektronik). Sarana prasarana penunjang harus mampu dipenuhi mitra kerja.

Namun, pengelolaan parkir berbasis elektronik ini tidak sekaligus diterapkan di 88 ruas jalan yang dikerjasamakan. Untuk tahap awal ini bakal diprioritaskan bagi ruas jalan protokol.

"Nanti warga diberi kartu yang dapat diisi ulang, seperti kartu tol. Selesai parkir tinggal tempel saja nanti. Ini lebih transparan. Sementara kita lakukan secara bertahap, terutama di jalan protokol," jelasnya.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar