Nasional

Hadirkan RCO, Ombudsman RI Percepat Penanganan Laporan Masyarakat Marginal

Anggota Ombudsman RI, Hery Susanto.

GILANGNEWS.COM - Kini Ombudsman RI menghadirkan sistem Respon Cepat Ombudsman (RCO) yang berguna untuk mempermudah dan mempercepat penanganan laporan yang dibuat oleh masyarakat.

Anggota Ombudsman RI, Hery Susanto mengatakan, ada beberapa kategori laporan pengaduan RCO yaitu PLN, PDAM, Infrastruktur dan pelayanan publik lainnya seperti energi dan perhubungan.

"RCO ini dapat mempermudah dan mempercepat laporan penanganan dari masyarakat. Karena, pengaduan yang diterima oleh instansi harus dikelola dengan baik dan benar," ucap Hery Susanto, Sabtu (10/4/2021).

Melalui RCO ini, masyarakat bisa menyampaikan keluhannya untuk melaporkan kualitas pelayanan publik.

"Kami juga akan menjalin kerjasama dengan semua elemen. Dasar dibentuknya RCO ini upaya jemput bola kami untuk membantu kelompok marginal," tukasnya.

Katanya, Ombudsman RI juga telah bekerja maksimal meski kondisi keterbatasan anggaran akibat dampak pandemi Covid-19. Namun lembaga pelayanan publik yang memiliki anggaran, akan lebih baik lagi melibatkan masyarakat, jadi anggaran nya bukan hanya untuk pelayanan publik itu saja, tetapi masyarakat juga bisa merasakan nya," pungkasnya.


Tulis Komentar