Riau

Bapenda Riau Buka 3 Kantor Samsat Baru, Kejar Potensi Pajak

Kepala Bapenda Riau, Herman.

GILANGNEWS.COM - Untuk mempermudah masyarakat membayarkan pajak kendaraan bermotor, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau membuka tiga kantor Samsat baru.

Tiga kantor Samsat itu berada di Simpang Bandar Sei Kijang Kabupaten Pelalawan. Kemudian, Samsat Lubuk Dalam di Rawang Kao Kabupaten Siak, dan Samsat Kuantan Hilir di Baserah, Kuantan Singingi.

Demikian disampaikan Kepala Bapenda Riau, Herman kepada wartawan, Selasa (13/4/2021) di kantor Gubernur Riau.

Herman mengatakan, dengan beroperasinya tiga kantor Samsat itu, maka masih ada tujuh kantor Samsat lagi yang akan dibuka di sejumlah kabupaten/kota.

Tujuh kantor Samsat tersebut diantaranya, Samsat Pujud, Samsat Pinggir, Samsat Rupat, Samsat Tapung Hilir, Samsat Kempas, Samsat Belilas dan Samsat Ukui.

"Ini upaya kita mengejar potensi pajak dengan mengoptimal pelayanan bagi masyarakat yang akan membayar pajak," ujarnya.

Lebih lanjut Herman menyampaikan, penambahan 10 Samsat tersebut melengkapi 33 kantor Samsat yang telah ada. Termasuk 5 Samsat Keliling, serta e-Samsat untuk memberikan pelayanan terhadap pemilik kendaraan bermotor seluruh Provinsi Riau.

Status Kantor Samsat baru ini merupakan Samsat Pembantu yang akan melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan. Untuk proses mutasi, ganti STNK lima tahunan, mengubah bentuk dan proses lainnya masih harus dilakukan di Kantor Samsat Induk.

Samsat ini juga dapat menerima pencetakan SKPD dan pengesahan STNK yang telah dibayarkan melalui aplikasi e-Samsat. Adapun jam operasionalnya yaitu Senin s/d Kamis pada pukul 08.00-14.00 WIB dan Jum'at hingga Sabtu pada pukul 08.00-11.30 WIB.


Tulis Komentar