Riau

Beberapa Jalan di Pekanbaru Masih Rusak Akibat Galian IPAL

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Kondisi sejumlah jalan di Kecamatan Sukajadi masih rusak pasca pekerjaan galian Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Kondisi jalan rusak akibat bekas galian perpipaan limbah ini terlihat seperti di ruas Jalan Durian dan Jalan Ahmad Dahlan, dan sejumlah jalan lainnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan, perbaikan jalan bekas galian ini memang belum sepenuhnya dikerjakan.

"Ada sedikit masalah saat proses penggalian di sejumlah titik. Ada galian yang berbenturan dengan pipa PDAM," kata Indra Pomi, Rabu (14/4/2021).

Menurutnya, pipa PDAM tersebut sudah ditanam sejak tahun 1972. Pipa ini yang berbenturan dengan pipa galian IPAL terjadi di Jalan Rajawali Ujung.

"Kebetulan berbenturan dengan manhole, kita sudah koordinasi dengan rekanan agar koordinasi dengan PDAM," jelasnya.

Pipa yang berbenturan dengan pemasangan pipa limbah hingga kini belum tersambung. Padahal tim di lapangan sudah empat kali berupaya menyambung kembali pipa yang terbentur.

"Karena kondisi pipanya tua maka agak lambat proses penyambungannya. Moga-moga bisa diperbaiki," jelasnya.

Ia tak menampik masih banyak ruas jalan bekas galian IPAL yang belum diperbaiki. Kontraktor berjanji bakal memperbaiki ruas jalan yang rusak usai melakukan tes di lokasi.

"Mereka tidak bisa mengaspal sebagian jalan. Mereka nantinya bakal mengaspal secara menyeluruh," jelasnya.


Tulis Komentar