Riau

Warga Was-was, Debit Air Sungai Sail Pekanbaru Semakin Naik

Debit air Sungai Sail semakin naik dan dikhawatirkan akan menggenangi bangunan di sekitar sungai.

GILANGNEWS.COM - Akibat curah hujan yang tinggi yang mengguyur Kota Pekanbaru dalam kurun waktu beberapa hari belakangan ini membuat debit air Sungai Sail semakin meningkat. Kondisi ini praktis membuat warga sekitar was-was.

Hal tersebut terlihat dari atas jembatan yang berada di Jalan Imam Munandar atau Jalan Harapan Raya, bahkan air juga sempat hampir memasuki sejumlah Rumah Toko (Ruko) yang tak jauh dari bibir sungai.

Bayu, salah seorang penghuni Ruko mengungkapkan naiknya air Sungai Sail ini sudah terjadi sekitar empat hari lamanya, dan air semakin meningkat ketika hujan deras mengguyur Pekanbaru dua hari belakangan ini.

"Kalau air naik sudah dari awal minggu ini, arus airnya juga cukup deras," cakap Bayu, Sabtu (24/4/2021).

Bayu yang sudah bermukim sekira lebih kurang 10 tahun di lokasi ini mengungkapkan bahwa dia baru pertama kali melihat ketinggian air Sungai Sail melampaui batas dinding sungai.

Bahkan jika diukur ketinggian air dan dasar jembatan, kurang lebih 2 meter lagi air akan mencapai jembatan dan dipastikan akan menggenangi bangunan yang tak jauh dari sungai itu.

Selain itu dia juga mengaku pada tahun lalu pernah melihat ada pendangkalan sungai. Hal tersebut diakuinya karena ada alat berat yang tengah menambah ketinggian tanah di pinggiran sungai dengan menggunakan tanah berwarna hitam.

"Tanahnya warna hitam, terus mereka juga ada letakin pohon ke dalam sungai. Jadi sekarang kalau surut gak ada yang tau kalau itu dulunya aliran sungai,  karena sekarang udah tumbuh rumput dan pohon," tutupnya. 

 


Tulis Komentar