Nasional

Prabowo Subianto Siapkan Beasiswa untuk Anak Kru KRI Nanggala

GILANGNEWS.COM - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menginstruksikan kepada Lembaga Pendidikan di bawah binaan Kementerian Pertahanan, yaitu SMA Taruna Nusantara Magelang dan Universitas Pertahanan Republik Indonesia, untuk mengalokasikan tempat bagi putra-putri kru KRI Nanggala-402.

Prabowo mengatakan semua prajurit di KRI Nanggala gugur dalam tugas menjaga negeri sebagai pahlawan bangsa.

"Bagi putra-putri yang mengenyam pendidikan tingkat SMA akan diterima di SMA Taruna Nusantara Magelang dengan beasiswa penuh," kata Prabowo dalam keterangan tertulis, Senin, 26 April 2021.

Sedangkan yang akan masuk perguruan tinggi, Prabowo mengatakan, akan diterima di Universitas Pertahanan juga dengan beasiswa penuh. Saat ini sedang disiapkan cabang pendidikan Taruna Nusantara di level SMP (berasrama).

"Bagi yang masih mengeyam pendidikan Sekolah Dasar dan SMP juga akan diberikan beasiswa penuh melalui Yayasan Pengembangan Potensi Sumber Daya Pertahanan," kata Prabowo Subianto.

Beasiswa ini diketahui tak hanya akan diberikan pada satu anak di tiap keluarga, tapi seluruh anak dari kru KRI Nanggala-402 dan anggota TNI AL yang gugur dalam tenggelamnya kapal tersebut. Tercatat dari laporan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ada 53 orang yang ikut menjadi korban dalam peristiwa tersebut.

KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam alias subsunk setelah sebelumnya dinyatakan hilang kontak, pada Rabu, 21 April 2021 di perairan Utara Bali. Saat itu, kapal selam tersebut tengah berlatih menembak torpedo.


Tulis Komentar