Nasional

Amien Rais Deklarasi Partai Ummat di Yogyakarta Hari Ini

Amien Rais.

GILANGNEWS.COM - Amien Rais dan rombongan kolega politiknya akan mendeklarasikan Partai Ummat pada hari ini, Kamis (29/4), di Yogyakarta dan disiarkan secara daring.

Awalnya, deklarasi Partai Ummat akan dilaksanakan pada 26 Maret 2021. Belakangan agenda diatur ulang agar bertepatan dengan 17 Ramadan 1442 H, yang diyakini sebagai hari turunnya Alquran ke bumi.

"Saksikan deklarasi Partai Ummat, hanya di Amien Rais Official Youtube. Siaran Langsung. 17 Ramadhan 1442H/ 29 April 2021. Pukul 13.00 WIB," tulis Amien Rais dalam unggahan akun Instagram @amienraisofficial, Rabu (28/4/2021).

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Ummat D.I. Yogyakarta Nazaruddin berkata Amien Rais akan memimpin langsung deklarasi. Dia juga mengklaim gelaran itu akan diikuti oleh sejumlah tokoh.

Nazaruddin menyampaikan deklarasi Partai Ummat dihadiri oleh Hanafi Rais, MS Kaban, Ustaz Sambo, Neno Warisman, dan Buni Yani. Dia juga memastikan nama-nama itu akan bergabung dengan Partai Ummat.

Dia menuturkan nama Ketua Umum Partai Ummat bakal diumumkan di deklarasi tersebut. Namun, Nazaruddin enggan membeberkan siapa nakhoda Partai Ummat.

"Nantilah, (ketua umum) baru disampaikan Pak Amien nanti saat deklarasi," ucap Nazaruddin di Yogyakarta, Rabu (28/4).

Amien Rais membentuk Partai Ummat usai berkonflik dengan Zulkifli Hasan di Kongres V PAN, 11 Februari 2020. Kala itu, gerbong Amien Rais yang diwakili Mulfachri gagal memenangkan pemilihan ketua umum.

Setelah kejadian itu, Amien mulai meninggalkan PAN. Dia sempat dikabarkan bakal membuat partai baru bernama PAN Reformasi. Pada 1 Oktober 2020, Amien memperkenalkan Partai Ummat ke publik.


Tulis Komentar