Riau

Lima Daerah di Riau Diminta Waspada Lonjakan Kasus Covid-19

GILANGNEWS.COM - Lima kabupaten/kota di Provinsi Riau harus mewaspadai lonjakan kasus Covid-19. Pasalnya kelima daerah itu berada di zona merah penyebaran Covid-19. 

 
Demikian disampaikan Juru Bicara Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi saat memberi keterangan pers di Posko Penanganan Covid-19 Riau, Gedung Daerah Riau, Sabtu (8/5/2021). 
 
Kelima daerah itu yakni, Kabupaten Siak, Rokan Hulu, Kampar, Kota Pekanbaru dan Dumai. Namun bukan berarti di kabupaten/kota lain tak waspada, karena saat ini semua daerah di Riau tidak ada zona hijau dan kuning. 
 
"Kelima daerah itu harus mewaspadai lonjakan kasus positif, daerah ini masuk zona merah dan kasus Covid-19 di wilayah tersebut terus mengalami peningkatan," katanya. 
 
Salah satu bentuk waspada dimaksud Yovi adalah, dengan menekan penyebaran Covid-19 dan menyiapkan tambahan ruang isolasi untuk mengantisipasi sewaktu-waktu pasien Covid-19 membeludak di wilayahnya. 
 
"Jika terjadi lonjakan kasus positif yang harus ditangani rumah sakit, maka pemerintah daerah harus memastikan kapasitas ruangan isolasi rumah sakit maupun isolasi mandirinya tersedia. Ini untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya eskalasi yang besar dari Covid-19 di Riau selama menjelang hingga setelah lebaran," terangnya. 
 
Untuk itu, Yovi kembali mengingatkan agar masyarakat dapat menunda mudik dan mengikuti kebijakan pemerintah tentang larang mudik untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19 di Riau. 
 
"Larangan mudik ini untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, tidak ada maksud yang lain, kecuali untuk menekan kasus Covid-19," cakapnya.


Tulis Komentar