Nasional

Jokowi : Tanpa Terprediksi Muncul Varian Delta, Langsung Kasus Positif Covid-19 Naik

Presiden Jokowi.

GILANGNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui mulai optimis Indonesia akan semakin alami penurunan pada tahun ini. Tetapi kondisi tersebut tidak terprediksi lantaran muncul mutasi virus corona (Covid-19) varian Delta.

"Dulu di Januari, Februari, Maret, April, Mei kondisi dari Covid-nya Corona-nya sudah mulai turun-turun kalau korona turun ekonomi pasti naik-naik, sudah kelihatan itu sebetulnya tetapi tanpa terprediksi muncul yang namanya varian delta," katanya saat memberikan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) Tahun 2021, di halaman Istana Merdeka, Jumat (30/7).

Dia mengatakan varian tersebut muncul di seluruh negara dunia. Kasus Covid-19 di Indonesia pun semakin melonjak.

"Ekonomi global pun juga kita juga sama, virus delta ini muncul juga langsung kasus positif menjadi naik secara drastis," ungkapnya.

Sebab itu kata dia pemerintah menetapkan PPKM Darurat atau kini dikenal PPKM level-4. Keputusan tersebut diambil lantaran terlihat di Pulau Jawa dan Bali alami peningkatan kasus

"Tidak ada jalan lain saat itu di Pulau Jawa dan Bali kita lihat titik-titik semua merah tidak ada yang kuning.Sehingga keputusan yang sangat berat dengan PPKM darurat," terangnya.

"Karena tidak ada cara yang lain secara itu, melompat kasusnya dan Alhamdulillah paling tidak bisa kita rem, pelan-pelan tapi paling tidak bisa kita rem," tutup Jokowi.


Tulis Komentar