Nasional

Pimpinan DPR Apresiasi Langkah Cepat Pemerintah Evakuasi 26 WNI dari Afghanistan

Skadron 17 TNI AU evakuasi WNI dari Afghanistan. ©Dispen AU

GILANGNEWS.COM - Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengapresiasi langkah pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) bekerjasama dengan TNI untuk mengevakuasi para WNI di Afghanistan yang saat ini dalam kondisi tidak menentu pasca pengambilalihan kekuasaan oleh kelompok Taliban.

"Alhamdulillah, para WNI kita yang berada di Afghanistan telah berhasil dievakuasi dan sudah tiba di Tanah Air dengan selamat. Tentu ini bukan perkara mudah mengevakuasi warga dari sebuah negara yang masih dalam situasi tidak menentu, masa peralihan kekuasaan," ujarnya, lewat keterangannya, Sabtu (21/8).

Ketum PKB ini menegaskan, bahwa salah satu tugas negara yang diatur dalam konstitusi adalah melindungi segenap tumpah darah Indonesia. Ia tak bisa membayangkan saat menyaksikan video warga Afghanistan berbondong-bondong meninggalkan negaranya dengan berebut naik ke pesawat milik AS. Bahkan ada beberapa di antaranya yang akhirnya tewas saat berebutan naik ke pesawat.

"Itu menunjukkan bahwa situasi di Afghanistan belum aman sehingga warganya berbondong-bondong pergi meninggalkan negaranya," ucapnya.

Terkait kekuasaan pemerintahan yang kini diambil alih Kelompok Taliban, Cak Imin meminta pemerintah Indonesia perlu untuk tetap berhati-hati dan tidak tergesa-gesa mengakui Taliban sebagai pemerintah yang baru di Afghanistan.
Kata dia, pemerintah perlu mencermati setiap perkembangan yang masih berlangsung dinamis di negara itu.

Dengan kebijakan politik luar negeri yang bebas aktif dan posisi Indonesia yang selama ini memiliki hubungan baik terhadap pemerintah Afghanistan maupun pihak Taliban, Cak Imin mendukung posisi Indonesia sebagai penengah konflik antara kedua belah pihak demi terwujudnya perdamaian di negara itu.

Dia juga menilai tepat langkah pemerintah yang memastikan misi diplomatik Indonesia di Kabul masih beroperasi meskipun situasi keamanan di Afghanistan memburuk setelah gerilyawan Taliban menguasai ibu kota negara.

Sebelumnya, sebanyak 26 Warga Negara Indonesia (WNI) telah tiba di Tanah Air dari Afghanistan pada Sabtu dini hari (21/8/2021) sekitar pukul 03.05 WIB. Mereka mendarat dengan selamat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta dengan menggunakan pesawat milik TNI Angkatan Udara (AU).


Tulis Komentar