Pembangunan Tugu Roda Terbang

Ketua Fraksi Golkar DPRD: Ini Bentuk Penghargaan, Saya Dukung

TUGU TERBANG

GILANGNEWS.COM - Rencana pembangunan Tugu Roda Terbang, di kawasan Perkantoran Tenayan Raya Pekanbaru, oleh Pemko Pekanbaru, hingga kini masih menuai pro dan kontra. Namun legislator di Gedung Payung Sekali DPRD Pekanbaru meminta, agar semua pihak melihat pembangunan ini secara komprehensif. 

Sebab, pembangunan tersebut lebih kepada bentuk apresiasi dan penghargaan dari kepala daerah, kepada masyarakatnya. Meski hanya simbol dan akan dijadikan icon, namun hal ini bisa menjadi kenangan dan pelecut bagi kinerja ASN ke depannya. 

Tidak jauh bedanya dari icon yang dibangun Walikota Pekanbaru sebelumnya, Herman Abdullah yakni Tugu Songket. 

Sekadar diketahui, pembangunan Tugu Roda Terbang dibangun untuk melambangkan semangat kerja Pemko Pekanbaru yang dinamis. Pembangunan tugu yang direncanakan di komplek Perkantoran Terpadu Tenayan Raya ini sudah tertunda dua tahun. Hal ini dikarenakan adanya anggaran yang harus direfocusing untuk penanganan Covid-19.

Ketua Fraksi Golkar DPRD Pekanbaru Masni Ernawati SH MH mengatakan, bahwa tujuan pembangunan Tugu Roda Terbang ini sebenarnya baik bagi semua kalangan. 

"Ini adalah bentuk penghargaan dari  masyarakat Pekanbaru untuk mengingat jasa dari Pak Firdaus MT yang sudah berjasa untuk Kota Pekanbaru. Terutama untuk infrastruktur dan jalan," kata Masni Ernawati, Rabu (2/2/2022). 

Disampaikan, hal yang sama juga sebelumnya dilakukan Walikota Herman Abdullah, hingga masa berakhir masa jabatannya membangun Tugu Songket. Sehingga setiap masyarakat yang melihat tahu bahwa ini monumen yang dibangun saat Walikota Herman Abdullah. 

"Sekarang Tugu Terbang mau dibangun di masa kepemimpinan Firdaus MT. Tidak ada salahnya jika anggarannya ada. Saya dukung dari DPRD," sebutnya. 

Sebenarnya pembangunan Tugu Roda Terbang, penundaan yang terjadi tahun lalu dikarenakan semua anggaran dipotong untuk penanganan Covid-19, mudah mudahan dengan sudah mulai kembali ke hidup normal saat ini, anggaran untuk pembangunan tugu Roda Terbang dapat dilaksanakan kembali.

Pembangunan tugu yang direncanakan di komplek Perkantoran Terpadu Tenayan Raya kalau dilihat masterplan- nya sangat bagus, harapannya dapat terlaksana.

Sebelumnya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru tetap menganggarkan pembanguan Tugu Roda Terbang tahun ini. Meski begitu, pembangun tugu ini belum dapat dipastikan.

"Tugu tersebut akan dibangun setelah kondisi keuangan membaik. Maka dari itu, pembangunannya belum bisa kami pastikan," kata Sekretaris Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edward Riansyah, beberapa waktu lalu.

Anggaran Tugu Roda Terbang tidak mengalami perubahan. Total anggaran sesuai Detail Engineering Design (DED) mencapai Rp13 miliar.
Namun, pembangunan urung dilakukan. Pasalnya, sebagian besar keuangan Pemko Pekanbaru dialihkan untuk penanganan Covid-19. **


Tulis Komentar