Hukrim

Ikut Musnahkan Narkoba, Wagubri Prihatin Angka Peredaran di Riau Tinggi

Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution Turut Hadir Memusnahkan Narkoba.

GILANGNEWS.COM - Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution turut hadir dalam kegiatan pemusnahan narkoba, bersama Kapolda Riau, serta Forkopimda Riau di halaman Mapolda Riau, Kamis (22/12/2022).

Wagubri turut prihatin dengan penangkapan narkoba dengan jumlah yang cukup banyak, dengan data sepanjang tahun 2022, berhasil diungkap sebanyak 1.834 kasus. Dengan tersangka 2.719 orang dan BB sebanyak 744.47 kg sabu, 478.584 butir ekstasi, 131,7 kg ganja dan 3.282 butir hapy five.

"Saya prihatin, tidak mungkin barang ini bertambah jika tidak ada permintaan, seperti apa kita melihatnya," ucap Wagubri.

Dikatakannya, pemberantasan narkoba di Bumi Lancang Kuning bukan hanya tugas polisi semata, sehingga sangat dibutuhkan keterlibatan semua pihak.

"Saya berharap ini bukan tugas Polisi semata, maka jika ada melihat hal mencurigakan terkait peredaran narkoba dilingkungan agar dapat ditindaklanjuti, sesuai peran masing-masing," jelas Wagubri.

Mantan Danrem 031/Wirabima ini berharap upaya pemberantasan narkoba di Riau yang dilakukan Polisi dan BNNP terus digencarkan.

"Saya berharap apa yang dilakukan Kapolda dan BNNP jangan sampai berputus asa. Mari sama-sama kita berantas narkoba di Provinsi Riau," harap Wagubri.

Sementara itu, Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal, menyampaikan sabu yang dimusnahkan berjumlah 91 Kg, ganja kering 25 kg beberapa butir ekstasi.

"Narkoba yang dimusnahkan jelang akhir tahun ini cukup banyak. Namun, kita bersama mesin-mesin lembaga lainnya akan tetap melakukan upaya paksa peredaran narkoba di Bumi Lancang Kuning," tegas Kapolda.

Mantan Kadivhumas Polri ini menambakan, dari total seluruh narkoba yang berhasil diamankan pihaknya berhasil menyelamatkan 935.118 jiwa.

Untuk proses pemusnahan dilakukan dengan cara baru, yakni memasak narkoba jenis sabu. Lalu, dicampur cairan pembersih.

Sedangkan, untuk pemusnahan ganja dilakukan dengan cara dibakar dalam drum pembakar yang telah dimodifikasi dan ekstasi di blender.


Tulis Komentar