Riau

Lelang Proyek Jalan Parit Indah Selesai, Iwan Fatah Pastikan Bankeu Provinsi Hanya 4 Ruas Jalan Ini

Kondisi Jalan Parit Indah yang rusak parah

GILANGNEWS.COM - Legislator di Gedung DPRD Provinsi Riau, sangat mengapresiasi proses dan tahapan lelang kegiatan perbaikan jalan rusak, di Kota Pekanbaru.  Terutama perbaikan jalan rusak, yang dananya bersumber dari Bankeu Provinsi Riau 2023. 

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Riau H Parisman Ihwan SE menjelaskan, untuk tahap awal tahun 2023 ini, perbaikan jalan di Kota Pekanbaru yang anggarannya dibantu Pemprov Riau, hanya untuk empat ruas jalan. 

Masing-masing Jalan Firdaus, Jalan Tanjung, Jalan Pemuda dan Jalan Parit Indah, yang total anggarannya Rp 13,2 miliar. Selain empat jalan ini, perbaikannya bukan dari Bankeu Provinsi Riau. 

"Kami tegaskan, jika ada informasi di masyarakat yang menyebutkan selain empat ruas jalan ini dibantu Pemprov Riau, berarti bohong atau hoak. Patut diwaspadai pernyataan oknum tersebut," tegas Parisman Ikhwan, Jumat (19/5).

Diakui Iwan Fatah-sapaan akrab Parisman Ikhwan, di tahun politik ini sering dimanfaatkan oknum yang tidak bertanggung jawab, untuk mencari panggung demi nama baiknya. Padahal informasi yang disampaikannya sesat. 

Sekadar gambaran saja, terkait proses Bankeu untuk perbaikan empat ruas jalan ini, Komisi IV DPRD Riau yang menyampaikan ke Kota Pekanbaru, agar membuat permohonan bantuan keuangan kepada Provinsi Riau. 

Maka dilakukan koordinasi dengan Dinas PUPR, saat itu waktu itu dipimpin Indra Pomi Nasution. Memang banyak ruas jalan yang diusulkan oleh Pemko Pekanbaru, namun hanya empat ruas ini yang baru bisa dibantu dengan keuangan Provinsi. 

"Karena hari ini saya diberikan amanah sebagai ketua Komisi IV DPRD Provinsi Riau, dan juga merupakan Anggota DPRD Riau Perwakilan Pekanbaru, tentu saya memiliki tanggungjawab yang sangat besar untuk pembangunan Kota Pekanbaru," sebut Parisman lagi. 

Sudah Ditender

Nilai Bankeu Provinsi untuk perbaikan empat ruas jalan di Kota Pekanbaru, sekitar Rp 13,2 miliar. Masing masing untuk Jalan Firdaus Kecamatan Bukitraya dengan nilai Rp 664.347.410, kemudian Jalan Tanjung Kecamatan Bukitraya dengan nilai Rp  1.130.608.335, Jalan Pemuda Kecamatan Payung Sekaki dengan nilai Rp 5.901.997.574, serta Jalan Parit Indah Kecamatan Bukitraya dengan anggaran Rp 5.600.034.448.

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Riau H Parisman Ihwan SE menyampaikan, bahwa dalam waktu dekat ini, Jalan Parit Indah sudah ada pemenang tendernya. Bahkan segera dilakukan pengerjaannya, yang dimulai dari simpang Jalan Sudirman hingga sampai Simpang Parit Indah. 

"Ini tergantung dari lokasi di lapangan. Apakah semuanya akan dilakukan hotmix atau hanya jalan jalan yang rusak parah sampai kearah Jalan Pesantren, dan tidak semua di overlay. Kondisinya situasional lah," katanya. 

Lebih lanjut disampaikan, untuk pengerjaan tiga ruas jalan lainnya, masih proses semuanya. Namun dari laporan BPKAD Riau kemarin, dalam waktu dekat proses lelang akan selesai dan langsung dikerjakan. 

"Harapan kita dalam pengerjaan 4 ruas jalan ini, siapapun pemenang tendernya, agar benar benar mengerjakan sesuai spek dalam kontrak. Kami selaku wakil rakyat, tentunya akan ikut aktif mengawasi pekerjaan ini. Bahkan kita turun langsung ke lokasi," janjinya. **


Tulis Komentar