Riau

Arif Eka Saputra Dukung Jambore Dunia di Korea Selatan

PEKANBARU - Arif Eka Saputra, penyokong gerakan pelopor kaum milenial mengatakan dirinya siap memberikan dukungan moral kepada Kwarda Riau untuk mengikuti Jambore Pramuka Dunia di Korea Selatan.

"Kita bersama-sama punya komitmen mendorong gerakan anak-anak muda dalam meningkatkan kualitas diri dan kemandirian secara pribadi, nah gerakan Pramuka ini sangat positif ya untuk meminimalisir kegiatan negatif anak-anak muda, " kata Arif Eka Saputra kepada wartawan, Senin 12/6/ 2023 di Pekanbaru.

Apalagi terang Arif, Jambore Dunia nanti akan diadakan di Luar Negeri yakni di negeri Gingseng, Korea Selatan.

"Semangat kebersamaannya akan terbangun sebagai warga dunia dengan adanya jambore dunia tersebut. Dan akan memberikan pengalaman baru bertemu dengan kawan-kawan baru. Untuk itu, kita mendukung dan memberikan perhatian kepada para peserta Jambore Dunia utusan Riau ini " tukas Arif Eka Saputra.

Jambore adalah pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka dari tingkat ranting sampai tingkat nasional, juga di tingkat dunia yakni Jambore Dunia (World Scout Jamboree).

Jambore Dunia pertama kali diselenggarakan pada tahun 1920 di Inggris. Kemudian setiap 4 tahun sekali kegiatan ini diselenggarakan dengan diikuti oleh pramuka-pramuka tingkat penggalang dari seluruh dunia.

Jambore Dunia ke 25 akan diselenggarakan pada tahun 2023 di Korea, tepatnya di kota Saemangeum mulai 1 Agustus sampai dengan 12 Agustus 2023.

Peserta Jambore Dunia adalah pramuka usia 13 sampai dengan 18 tahun dan didampingi oleh pembina.

Kwartir Daerah Riau akan mengirimkan 6 orang Penggalang dan 1 IST (international service team) pada Jambore Dunia ke 25 di Korea Selatan nanti.

Jelang pelaksanaan maka tim persiapan kontingen mulai melakukan pembekalan terhadap peserta untuk memaksimalkan potensi dan lebih siap menghadapi kegiatan yang perlu penyesuaian.

Berikut nama-nama peserta Jambore Pramuka Dunia ke 25 di Sae Man Geum, Korea Selatan.

Kwarcab Kota Pekanbaru 
Amanda Kayla Iskandar siswi SMAN Plus Riau

Hana Lathifah Azzahra siswi MTsN 1 Andalan Pekanbaru

Shady Hazellana Aquene Nasution siswi MAN 2 Model Pekanbaru


Kwarcab Kampar

Addini Salsabila siswi

Rafli Dzakirah siswa di SMAN 1 Bangkinang

Kwarcab Bengkalis 
Safira Nailah Kayyisah siswi SMP IT Al-Kautsar Duri

Kwarda Riau 
Alfa Frisa Septania Wakil ketua Kehumasan dan Informatika Kwarda Riau yang akan bertugas sebagai IST pada Jambore Pramuka Dunia ke 25 nanti.

Kwarda Riau tengah melakukan persiapan kontingen yang meliputi materi seputar
Non pramuka
diantaranya,

1. Daily conversations

2. Personal grooming

3. Public speaking

4. Self awareness

5. Culture shock

6. Nasionalisme


materi ttg kehidupan perkemahan :


1. Manajemen peralatan

2. Teknik packing
3. Manajemen waktu

4. Kesehatan Mental

5. Safe from harm


Selain itu juga, materi tentang dokumentasi  seperti

1. Penulisan artikel/catatan perjalan

2. Fotografi HP

3. Bijak ber media sosial.


“Kita berharap pendampingan yang dilakukan dapat memberikan kekuatan dan semangat kepada semua peserta yang menjadi perwakilan Riau dan juga mewakili Indonesia di kancah dunia. Kami juga menitip Riau dengan kearifan lokal nya lewat adik2 ini” ujar Kak Priyo Anggoro selaku tim pembekalan peserta Jambore Pramuka Dunia ke 25.


Tulis Komentar