Riau

Parisman Ihwan Tinjau Pengaspalan Hotmik Jalan Pemuda, Ini Pesannya Kepada Warga

Ketua Komisi IV DPRD Riau Parisman Ihwan SE (baju kuning), saat meninjau pengaspalan Jalan Pemuda Pekanbaru, Senin (24/7/2023).

PEKANBARU- Perbaikan jalan-jalan rusak di Kota Pekanbaru, terus berlanjut. Termasuk perbaikan Jalan Pemuda Kecamatan Payung Sekaki.

Pengerjaan aspal hotmik jalan ini, terus dilaksanakan, hingga Senin (24/7/2023). Untuk diketahui, perbaikan Jalan Pemuda ini dari pos anggaran bantuan Pemprov Riau, melalui Bankeu 2023 sebesar Rp 5,4 miliar.

Perbaikannya untuk panjang 2,2 KM, dengan lebar 6 meter. Perusahaan pemenangnya PT Bina Riau Sejahtera.

Pengerjaan ini langsung ditinjau Ketua Komisi IV DPRD Riau Parisman Ihwan, di dampingi PPTK Indra, Lurah Tampan Hermayeni, Ketua LPM Tirta Siak Aidil Putra, serta tokoh masyarakat setempat.

"Ini perjuangan kita bersama dengan warga Tirta Siak dan Tampan, yang disepakati tahun 2022 lalu. Warga memohon agar jalan Pemuda bisa diaspal. Alhamdulillah, perjuangan dan doa warga terealisasi sekarang. Nilai kontraknya Rp 5,4 miliar dari nilai pagu Rp 5,9 miliar," terang Komisi IV DPRD Riau Parisman Ihwan, saat ditemui di lokasi.

Disampaikan, bahwa pengaspalan hotmik jalan ini semuanya sampai ke Simpang Jalan Kulim. Karenanya, Iwan Fatah-sapaan akrab Parisman Ihwan, meminta agar masyarakat mendukung selama perbaikan jalan berlangsung.

Sebab, keuntungan jalan ini diperbaiki untuk masyarakat secara bersama. Apalagi selama ini, banyak kecelakaan terjadi, karena kerusakan Jalan Pemuda ini sangat parah.

"Untuk pemeliharaan jalan ini, kita minta ke warga dirawat. Kendaraan yang lewat sesuai tonase yakni 8 ton. Mari kita jaga, agar jalan tahan lama. Karena nanti kalau rusak, sulit lagi memperbaikinya," paparnya.

Ke depan, Politisi Golkar ini akan berkoordinasi dengan Dishub, agar dipasang rambu-rambu, sehingga kendaraan yang melintasi sesuai dengan tonase jalan.

Disinggung apakah nanti Jalan Pemuda ini akan dipasang portal, Iwan Fatah menegaskan, untuk hal ini diserahkan ke masyarakat setempat.

Sementara itu, PPTK Kegiatan Indra menyebutkan, pengerjaan jalan ini memakan waktu selama 180 hari.

"Sejak awal pengerjaan kemarin, maka pekerjaan akan selesai pada Agustus nanti. Ya, semuanya diaspal hotmik sesuai kontrak," tegasnya.

Lurah Tampan Hermayeni yang langsung turun ke lokasi pekerjaan, mengaku senang dengan realisasi aspal Jalan Pemuda. Katanya, dari beberapa jalan rusak di wilayahnya, Jalan Pemuda ini merupakan titik terparah kerusakannya.

"Memang ada lagi jalan lain yang rusak, seperti Jalan Sempurna. Perbaikan Jalan Pemuda ini sudah masuk dalam Musrembang. Makanya kami senang diperbaiki. Agar jalan rusak lainnya, bisa diperbaiki juga," pintanya.

Ketua LPM Tirta Siak, Aidil Putra mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada pemerintah. Terutama kepada legistor Iwan Fatah, yang membantu menjembatani pengaspalan jalan ini.

Tentunya, apa yang menjadi harapan dan masukannya, terutama untuk menjaga jalan ini tetap mulus, akan dilaksanakan masyarakat setempat.

"Kami juga sudah sampaikan hal ini ke Polda Riau, agar berkoordinasi dengam Dishub, untuk dibuatkan rambu-rambu. Sehingga pengusaha truk di sini tak seenaknya melintas. Kami akan sama-sama menjaga," janjinya yang diamini tokoh masyarakat setempat lainnya.

Apakah nanti akan pasang portal?

"Kami sebagai masyarakat, tidak berbuat jauh. Tentu ini akan kami koordinasikan dengan pihak terkait," akunya. 


Tulis Komentar