Riau

Permudah Layanan, Camat Rumbai Sosialisasi Program Lomak

PEKANBARU - Melanjutkan programnya dalam memberikan layanan maksimal kepada masyarakat, Camat Rumbai menggelar sosialisasi program yang diberi nama Layanan Oke Masyarakat Keliling (Lomak), Rabu (26/7) di aula Kecamatan.

Camat Rumbai Vemi Herliza, didampingi Sekcam Rumbai Umbarani Dewi, mengatakan mengundang beberapa instansi yang ikut dalam kegiatan tersebut untuk memberikan materi penjelasan kepada masyarakat Rumbai.

Dikatakannya, bahwa Lomak ini merupakan program jemput bola yang dilakukan oleh Kecamatan Rumbai untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Bisa diartikan Lomak ini seperti Mal Pelayan Publik (MPP) Mini tingkat Kecamatan.

"Untuk program ini baru Kecamatan Rumbai yang melaksanakan sejak tahun 2021 dan Alhamdulillah program ini sangat diminati oleh masyarakat Rumbai, " kata Vemi kepada wartawan.

"Memang selama kita mengadakan kegiatan sosialisasi ini antusias masyarakat cukup tinggi, bahkan pengunjungnya ratusan orang yang hadir dengan berbagai persoalan yang mereka inginkan, " jelas Vemi lagi.

Sejak di launching, sudah 7 kali pihaknya mengadakan kegiatan ini, dan terakhir di Stadion Rumbai.

Dia mengatakan, total instansi yang ikut dalam program Lomak ini sebanyak 22 instansi seperti, Layanan Paten Kecamatan, Disdukcapil, Samsat keliling, UPT Dispenda, Puskesmas, Polsek, Pengadilan Agama, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, BRK Syari'ah, Dinas Koperasi, Disperindag, KPP Pratama Senapelan , BPPPMKB dan lainnya.

Dijelaskannya, disini nantinya masyarakat bisa mengurus apapun keperluannya, mulai dari rekam e-KTP, Pendaftaran BPJS, bayar pajak, konsultasi dan sebagainya. "Ini dilakukan supaya layanan kepada masyarakat bisa lebih cepat dan akurat, " harapnya.

Rencananya dikatakan Vemi, kedepan akan dibuat dilapangan PCR Pekanbaru yang sekaligus akan sandingkan dengan program "Bang Uun Menyapa", mudah mudahan ini dapat terlaksana dan masyarakat juga bisa datang lebih banyak lagi.

Sementara itu, Kadis Perindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin yang ikut dalam Sosialisasi Lomak menyebutkan, pihaknya menyambut baik kegiatan yang dilakukan Camat Rumbai ini, karena program ini sangat membantu masyarakat dan juga mempermudah masyarakat dalam mengurus berbagai perizinan yang dibutuhkan masyarakat.

"Lomak ini seperti MPP Mini ibaratnya, dan program ini sangat bagus sekali untuk masyarakat, dan kita sangat berterima kasih telah diundang sehingga kita bisa mensosialisasikan berbagai program kerakyatan yang ada di Disperindag Pekanbaru" jelas Zulhelmi.

Untuk mensukseskan program ini, Disperindag Pekanbaru terus menurunkan Tim jika Lomak ini digelar, sehingga apa kebutuhan masyarakat terkait dengan perkembangan UMKM baik soal perizinan dan konseling lainnya masyarakat bisa langsung menanyakan kepada tim yang dihadirkan. 


Tulis Komentar