Riau

Hanya Dengan Modal e-KTP, Seluruh Masyarakat Pekanbaru Dapat Berobat Gratis

Foto istimewa

PEKANBARU- RSD Madani Pekanbaru melakukan Launching program Universal Health Coverage (UHC) yang digelar  Jumat (28/7/2023). Program Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah ini dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Pekanbaru hanya dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Kepala Diskes Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih menjelaskan, bahwa program UHC itu hanya berlaku untuk peserta BPJS kelas III saja.

"Untuk program ini, ada 2 kategori, cut off dan non cut off. UHC yang dibiayai Pemko Pekanbaru, hanya untuk non cut off. Sementara kategori cut off, hanya mendapat predikat UHC, tapi sistem pelayanannya mengikuti jeda waktu 14 hari baru bisa dimasukkan," paparnya kemarin.

Kategori non cut off, bisa langsung aktif dengan syarat masyarakat memiliki KTP Pekanbaru, dan bersedia selama satu tahun dilayani dengan pelayanan kelas III. Persyaratannya selain KTP, masyarakat wajib menandatangani selama setahun, bersedia hanya mendapatkan pelayanan kelas III, tidak boleh naik kelas.

"Kalau naik kelas (1, 2 dan VIP), maka mereka harus keluar dari UHC yang dibiayai APBD Pemko Pekanbaru. Keikutsertaannya gugur. Mereka masuk jadi peserta mandiri," tegasnya.

Direktur Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani Pekanbaru, dr Arnaldo Eka Putra menyampaikan bahwa langkah yang dilakukan oleh Pj Walikota Pekanbaru membuat UHC ini perlu diberikan apresiasi karena ini merupakan kerja besar yang dilakukan oleh seorang Pj Walikota.  Mestinya program UCH ini di lakukan oleh Walikota atau Bupati Defenitif namun hari ini dilakukan oleh seorang Pj yang masa jabatannya hanya sementara waktu saja, ujar Naldo

" Kita dari Rumah Sakit Madani Pekanbaru siap untuk mensukseskan program yang sangat baik ini sehingga seluruh  masyarakat kota Pekanbaru dapat berobat secara gratis dengan hanya memperlihatkan e-KTP saja" tutur Naldo.

Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun dalam sambutannya saat launching UHC menegaskan, setelah UHC ini berjalan, maka semua dokter diharapkan standby 24 jam di tempat. Baik di Puskesmas, RSD Madani, maupun di rumah sakit swasta di seluruh Kota Pekanbaru.

Khusus dokter berstatus ASN, Muflihun menekankan, agar melayani masyarakat yang ingin berobat dengan maksimal.

"Kita ASN, jangan sok-sok. Kita pelayan masyarakat. Maka saya harapkan semuanya mendukung, hingga program UHC ini sukses pelaksanaannya," pintanya.

Sekadar diketahui, anggaran program UHC Pemko Pekanbaru disiapkan dalam APBD Pekanbaru 2023, sebesar Rp 41 miliar. Jumlah anggaran ini, bisa mengcover untuk 160 ribu masyarakat.

Ketua DPRD Pekanbaru Muhammad Sabarudi ST, yang hadir saat acara tersebut. Dikatakannya, dengan sudah dilaunchinya UHC ini, maka masyarakat Kota Pekanbaru bisa dilayani dengan baik.

"Alhamdulillah, ini sebenarnya keinginan bersama masyarakat Kota Pekanbaru. Karena memang masyarakat Kota Pekanbaru butuh dilayani. Dan kami semua adalah pelayan masyarakat Kota Pekanbaru, untuk UHC ini," kata Sabarudi usai launching.

DPRD Pekanbaru secara lembaga, akan siap mensupport dari sisi anggaran, terutama penambahan anggaran di APBD Perubahan 2023 nanti.

"Kami di DPRD Pekanbaru diberi amanah untuk mengelola uang, menjalankan fungsi wakil rakyat sebagai budgeting. Makanya uang itu salah satunya digunakan untuk UHC ini. Karena ini untuk masyarakat banyak, maka wajib dianggarkan," aku Politisi Senior PKS ini lagi.

Seiring launching ini, lanjut Sabarudi, pihaknya sangat berbahagia dan bersyukur, karena UHC di Kota Pekanbaru sudah berjalan mulai per hari ini, sehingga dipastikan membuat masyarakat senang juga.

"Karena saya punya pengalaman beberapa bulan lalu, saya melihat sendiri ada masyarakat yang meninggal di rumah sakit di Kota Pekanbaru, karena tidak adanya layanan maksimal. Hari Ini ketika program ini UHC dilaunching, maka kejadian seperti itu tak boleh terulang lagi," pintanya.

Lalu, apa harapan dan catatan kepada Pemko Pekanbaru, agar pelaksanaan UHC ini berjalan maksimal?

"Saya tak mau menyebutkan ini tanggung jawab satu dinas saja, tapi ini tanggung jawab kita bersama. Bagaimana semuanya menjalankan Tupoksinya, berkaitan dengan UHC ini. Insya Alloh, akan berjalan lancar di lapangan," katanya.

 

 


Tulis Komentar