Riau

REI Property Festival 2023 Resmi Dibuka di Mal SKA, Momen Masyarakat Miliki Rumah Impian

PEKANBARU - Gubernur Riau, Drs H  Syamsuar MSi diwakili Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPRPKPP) Provinsi Riau, M Arief Setiawan resmi membuka Real Estate Indonesia (REI) Property Festival 2023 di Mal SKA Pekanbaru, Rabu (1/11/2023). Pameran properti ini akan berlangsung hingga Ahad (5/11/2023).

Pembukaan dihadiri Ketua Umum DPP REI, Joko Suranto, Waketum DPP REI Bidang Promosi, Ikang Fawzi, Wasekjen DPP REI, Amran Tambi, Ketua DPD REI Riau, Elvi Syofriadi, Executive Vice President BRI, Ninis Indriswari, Kepala Sub Direktorat Kepatuhan Kementerian PUPR, Andri Yusandra, Kepala Kanwil ATR/BPN, Asnawati serta RCEO BRI Pekanbaru, Kicky Andrie Davetra.

Kepala PUPRPKPP Provinsi Riau, M Arief Setiawan mengapresiasi pelaksanaan REI Property Festival 2023. Sebab, Property Festival menjadi sarana informasi bagi masyarakat akan produk perumahan.

"Pameran properti ini dapat membantu dan memudahkan masyarakat dalam memiliki hunian yang idaman," ujar Arief.

Ia berharap, REI Property Festival 2023 bisa menggerakkan roda ekonomi masyarakat yang sudah hampir tiga tahun dihantam pandemi Covid-19.

"Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan terus mendukung developer perumahan, baik dari segi regulasi, tata ruang hingga kemudahan lainnya. Intinya, bagaimana kita bisa sama-sama memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat," sebutnya.

Di sisi lain, Ketum DPP REI Riau, Joko Suranto mengungkapkan, rumah adalah sarana pendidikan terbaik bagi keluarga. Rumah juga merupakan perintah konstitusi, rumah adalah indikator kesejahteraan dan rumah penyatu keluarga.

"Kami berharap peran pemerintah dalam memberikan kemudahan kepada kami pelaku usaha pengembang perumahan. Karena rumah perintah konstitusi. Apalagi industri properti ini mampu menggerakkan 185 industri lainnya. Mulai dari batu, pasir, semen dan lainnya. Artinya, ada serapan tenaga kerja. Saat ini ada 14 juta serapan tenaga kerja dibidang properti," terang Joko.

Lewat REI Property Festival 2023, tutur Joko, merupakan waktu terbaik bagi masyarakat, khususnya masyarakat Riau untuk memiliki rumah. Selain ada bonus, tambahan uang, harga unit rumah saat ini masih bertahan dan belum ada kenaikan harga.

"Selama tiga tahun terakhir tidak ada kenaikan harga properti. Pada tahun 2024 mendatang, harga rumah subsidi akan naik menjadi Rp168 juta. Sementara saat ini, harga rumah subsidi untuk tipe 36 masih diangka Rp162 juta. Jadi ini kesempatan bagus bagi masyarakat untuk membeli rumah," ulas mantan Ketua DPD REI Jawa Barat itu.

Senada dengan pernyataan Ketum DPP REI, Ketua DPD REI Riau, Elvi Syofriadi menyebutkan, penyelenggaraan Property Festival 2023 merupakan salah satu kegiatan untuk membantu para pelaku usaha terutama pengembang perumahan (developer) yang juga didukung oleh perbankan dalam melakukan penyampaian informasi promo penjualan yang benar-benar memanjakan dan memudahkan masyarakat, terutama rumah bersubsidi dan rumah komersil dengan harga yang relatif terjangkau oleh semua kalangan, mulai kalangan bawah hingga menengah maupun atas.

"REI Property Festival 2023 ini merupakan kegiatan kedua kami. Pada kegiatan pertama tahun 2021 lalu, kami berhasil membukukan nilai transaksi sebesar Rp55 miliar. Untuk penyelenggaraan kali ini, kami menargetkan nilai transaksi sebesar Rp65 miliar. Inilah tantangan kami untuk mengulang sinergi positif dalam memenuhi kebutuhan rumah masyarakat Riau," ujar Elvi didampimgi Sekretaris DPD REI Riau, Ari Prama Citra dan Bendahara DPD REI Riau, H Yendrizal.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana REI Property Festival 2023, Angga Rahyu Sahputra menjelaskan, Property Festival 2023 ini mengusung tema 'Bersama REI Mudah Punya Rumah'. Dalam kegiatan ini, perbankan di Riau, mulai dari BRI, BNI, BTN, BTN Syariah, Bank Riaukepri Syariah, KB Bukopin, Bank Nagari, Bank Mandiri, BJB serta Pemprov Riau sama-sama punya komitmen memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin mendapatkan rumah nantinya.

"Property Festival 2023 bertujuan agar masyarakat luas dapat mengetahui secara jelas tentang perkembangan dan kemajuan pembangunan perumahan dan permukiman di penghujung tahun 2023. DPD REI Riau siap memenuhi kebutuhan rumah masyarakat. Sehingga masyarakat dapat memiliki hunian yang diinginkan," kata Angga.

Sebagai informasi, panitia REI Property Festival 2023 menyediakan 48 booth. 24 diantaranya diiisi anggota DPD REI Riau yang terdiri dari 39 developer. Property Festival 2023 juga akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan untuk masyarakat umum, mulai dari lomba E-Sport Mobile Legend, Lomba Melukis dan Mewarnai untuk anak-anak, Fashion Show, Cosplay dan hiburan lainnya yang bertabur hadiah menarik.***


Tulis Komentar