Riau

ASN Riau Diduga Tidak Netral, Bawaslu Siap Tindak Tegas

Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal

GILANGNEWS.COM  - Bawaslu Riau menemukan banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah itu diduga tidak netral dalam Pemilu 2024. Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal, mengatakan, pihaknya telah menerima sejumlah laporan terkait dugaan pelanggaran netralitas ASN tersebut.

"Kami mengapresiasi pihak-pihak yang memberi laporan terkait adanya dugaan ketidaknetralan ASN tersebut," kata Alnofrizal, Kamis (21/12/2023).

Terbaru, didapati Camat Sabak Auh, Kabupaten Siak, yakni Arie Dermawan diduga melakukan pelanggaran dengan mengumpulkan sejumlah perwakilan dari Badan Permusyawaratan Desa atau BPD di kedai kopi dengan mengarahkan kepada salah satu calon legislatif.

"Ada oknum camat di Siak yang telah mengumpulkan BPD di kedai kopi. Dalam pertemuan itu ada dugaan camat mengarahkan pilih salah satu caleg. Pelanggaran terjadi pada 15-16 Desember lalu. Bahkan sejumlah barang bukti telah diterima Bawaslu termasuk rekaman," kata Alnofrizal.

TERKAIT

Bawaslu Siak telah menindaklanjuti laporan tersebut dan memintai keterangan sejumlah pihak terkait. Hasilnya, dugaan pelanggaran tersebut terbukti.

"Bawaslu Siak sudah menindaklanjuti itu dan menanyakan. Hasilnya benar terkait adanya temuan dan dugaan pelanggaran tersebut, dan akan ditindaklanjuti ke KASN," tegas Alnofrizal.

Selain di Siak, Bawaslu Riau juga menemukan sejumlah pelanggaran netralitas ASN di daerah lain, seperti di Kabupaten Kuansing dan Indragiri Hilir.

"Ada di kuansing camat, kepala dinas di Inhil dan camat di Siak. Kita nanti mau tindaklanjuti. Seluruhnya kini sudah mulai ditindaklanjuti untuk dilaporkan ke Komisi ASN," kata Alnofrizal.

Alnofrizal menegaskan, Bawaslu Riau akan menindak tegas setiap ASN yang terbukti melanggar netralitas.

"Kami akan menindaklanjuti setiap laporan yang kami terima. Kami berharap ASN dapat bersikap netral dan tidak terpengaruh oleh kepentingan politik," kata Alnofrizal.


Tulis Komentar