Ciptakan Situasi Kondusif Jelang Pemilu 2024

Dit Intelkam Polda Riau Cek Distribusi Logistik di Daerah Terisolir di Pelalawan

Kasubdit Kamneg dan Kasubdit Kamsus Dit Intelkam Polda Riau, meninjau akses jalan rusak di Teluk Meranti, Pelalawan untuk distribusi logistik Pemilu 2024, Rabu (27/12/2023) .

PEKANBARU- Polda Riau dan jajaran, terus menciptakan suasana kondusif jelang Pemilu 2024. Seperti yang dilakukan Dit Intelkam Polda Riau, dalam beberapa hari terakhir.

Pada Rabu (27/12/2023), Subdit Kamneg dan Subdit Kamsus serta jajaran, langsung turun ke beberapa daerah terisolir di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Di antaranya Kelurahan Teluk Meranti, Pulau Muda, Pangkalan Bunut serta di tiga pulau, Desa Labuhan Bilik,  Gambut, dan Segamai.

Tujuan utama turun ini, untuk mengecek secara langsung titik-titik yang menjadi kerawanan, dalam pendistribusian logistik Pemilu, plus kepastian suasana Kamtibmas di daerah tersebut. Jika logistik Pemilu berada di Ibukota Pelalawan, Pangkalan Kerinci, estimasi pendistribusian ke daerah isolir tersebut memakan waktu berjam-jam.

Bahkan banyak ancaman bahaya, karena ada daerah yang melewati Sungai Kampar dengan ancaman ombak Bono. Tentunya beberapa ancaman tersebut harus diantisipasi.

"Kita bisa lihat dari akses jalan, lalu ancaman cuaca, banjir dan lainnya. Termasuk waktu pengantaran logistik Pemilu. Ini menjadi catatan kita, untuk disampaikan ke pimpinan," kata Kasubdit Kamsus Dit Intelkam Polda Riau AKBP Boy Azhar SH MSi, yang memimpin kunjungan ini di Teluk Meranti.

Turut hadir juga dalam kunjungan tersebut, Kasubdit Kamneg AKBP Rudi A Samosir SE, Kanit V Subdit Kamsus Kompol Amriandi SH, Kanit III Subdit Kamneg AKP P Banjarnahor S Sos MH, Panit V Subdit Kamneg Ipda M Iskandar, Banit I Subdit Kamsus Bripka Yuyung Antoni SH MM, Banit I Subdit Kamsus Bripka Andri Ongki Prianto SE MM, Banit III Subdit Kamneg Bripka Iswadi Putra, Banit II Subdit Kamneg Brigadir Jeli Putra Amanda SH.

Rombongan Dit Intelkam Polda Riau ini disambut Kapolsek Teluk Meranti Iptu Rahmadi Wahyudi SH MH, Lurah Teluk Meranti, Ps Kanit Intelkam Polsek Teluk Meranti Aipda Doni Oktafizar dan anggotanya Briptu Benny Saputra, Bhabinkamtibmas Aipda H Simanjuntak, dan Anggota Sat Pol Air Polres Pelalawan Bripka Hardiansyah.

Lebih lanjut disampaikan, dari kunjungan ke beberapa daerah terisolir di Pelalawan ini, sebenarnya dalam rangka meninjau jalur distribusi logistik yang segera akan dilaksanakan.

Hal ini juga berdasarkan perintah dari Kapolda Riau melalui Dir Intelkam, sengaja datang ke Teluk Meranti ini, yang merupakan salah satu wilayah yang terisolir yang tentu terdapat kerawanan-kerawanan yang mungkin terjadi dapat diatasi. Khususnya dalam melakukan distribusi logistik Pemilu 2024.

"Jadi sengaja kami ke sini (Teluk Meranti) untuk mengeceknya, bersama dengan Kapolsek Teluk Meranti, dan juga Lurah Teluk Meranti, mengecek sampai ke desa desa yang terisolir wilayah kecamatan Teluk Meranti ini," tegasnya yang diamini Kasubdit Kammeg AKBP Rudi A Samosir SE.

Harapannya, agar pelaksanaan Pemilu berjalan dengan kondusif dan aman.

"Makanya kami turun ke lokasi-lokasi ini. Tadi sama-sama kita rasakan kondisinya cukup memprihatinkan, melewati jalan tanah yang tidak rata. Meski ada juga jalan yang sedang dalam proses perbaikan, perlu perhatian bersama ini. Karenanya perlu waktu yang lama untuk mencapai Teluk Meranti ini, "bebernya.

Dit Intelkam berharap juga di daerah perairan, semua akan dicek secara komprehensif. Tujuannya, supaya semua benar-benar dapat berjalan dengan aman, dan sampai ke tujuan dengan selamat. Tentunya mendapatkan keridhoan dari Allah SWT.

Sementara itu, Kapolsek Teluk Meranti Iptu Rahmadi Wahyudi SH MH menjelaskan, untuk situasi jelang Pemilu 14 Februari 2024 di daerahnya, hingga kini dalam kondisi aman.

Namun disampaikan, untuk jalur distribusi logistik yang akan menggunakan jalur sungai, di mana terdapat 56 TPS, dengan lebih 2000-an pemilih. Para pemilih ini ada di tiga pulau, Desa Labuhan Bilik,  Gambut, Segamai dan ada juga desa Pulau Muda.

"Kalau untuk logistiknya masih di KPU," akunya.

Lebih lanjut disampaikan, untuk ancaman yang akan dihadapi jelang Pemilu, satu di antaranya bencana banjir dari air pasang. Ancaman ini biasanya terjadi di Desa Labuhan Bilik, Gambut dan Segamai. Pihaknya sangat berharap saat Pemilu Februari nanti, dapat diatasi dan tidak mengganggu proses dan tahapan.

Disampaikan juga, dalam mensukseskan Pemilu, pihaknya menyiapkan transportasi kapal yang di standby kan di Pulau Muda.

"Kami juga bekerjasama dengan TNI untuk mengawal distribusi logistik ini sampai ke TPS- TPS yang ada di tiga pulau tadi. Dan juga pelaksanaannya. Ini juga kami harapkan partisipasi masyarakat untuk ikut mendukung stabilitas Pemilu Damai," harapnya.

Lurah Teluk Meranti, Abu Samma juga memastikan situasi dan kondisi wilayahnya dengan masyarakat yang sudah hampir heterogen ini, dalam keadaan aman.

"Kami juga menyampaikan kepada masyarakat, yang bersuku-suku dan tentunya berbeda pilihan tetap harus menjaga keamanan dan ketertiban sebelum maupun sesudah Pemilu nanti, " harapnya seraya sangat berterimakasih dengan kedatangan tim dari Dit Intelkam Polda Riau. Bagi masyarakanya, tentu menambah semangat dalam mendapat pengamanan untuk mensukseskan Pemilu 2024. **


Tulis Komentar