Riau

Politik Uang Sembako: Bawaslu Riau Ingatkan Parpol dan Caleg, Bisa Kena Pidana dan Diskualifikasi

GILANGNEWS.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau mengingatkan partai politik (parpol) dan calon legislatif (caleg) untuk tidak melakukan pemberian sembako atau materi lainnya saat kampanye. Hal ini berpotensi melanggar larangan kampanye yang dapat dikenai sanksi pidana pemilu.

"Kita ingatkan kepada parpol juga caleg, jangan memberikan sembako apalagi uang saat kampanye. Ini termasuk pelanggaran pidana pemilu," kata anggota Bawaslu Riau Nanang Wartono, Ahad (14/01/2024).

Dikatakan Nanang, pemberian sembako atau materi lainnya kepada korban banjir dengan adanya muatan/materi kampanye, maka berpotensi telah melakukan kegiatan politik uang.

"Pelanggaran pemilu berupa politik uang saat kampanye bisa diancam pidana 2 tahun penjara dan denda 24 juta rupiah," jelas Nanang.

Namun demikian, Nanang tidak menampik, saat ini banyak warga yang terdampak banjir membutuhkan bantuan.

"Kita turut prihatin atas bencana yang menimpa saat ini dan berharap bencana ini cepat berlalu, jika ada parpol atau caleg yang ingin membantu masyarakat kita yang sedang dilanda musibah maka jangan ada unsur kampanye saat memberikan bantuan tersebut, misalnya ada ajakan atau atribut partai dan caleg," kata Nanang.

Selain adanya sanksi pidana, Bawaslu juga mengingatkan kepada seluruh caleg, apabila berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap terbukti caleg melanggar larangan kampanye UU Pemilu pasal 280 dan 284 (termasuk politik uang) maka caleg tersebut dapat dikenai sanksi administratif oleh KPU berupa diskualifikasi sebagai caleg.


Tulis Komentar