Riau

Pemprov Riau Turunkan Ekskavator Amfibi untuk Atasi Genangan Air di Jalan Sudirman Ujung

Ekskavator Amfibi Dikerahkan untuk Normalisasi Parit dan Drainase

GILANGNEWS.COM - Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau menurunkan alat berat Ekskavator Amfibi untuk normalisasi parit dan drainase di Jalan Sudirman Ujung, Pekanbaru, Provinsi Riau.

Hal ini dilakukan mengingat sejak beberapa minggu belakangan, Jalan Sudirman Ujung tergenang banjir.

"Iya, kita turunkan eksavator Amfibi di Jalan Siak IV Pekanbaru (Jalan Sudirman ujung) untuk normalisasi parit dan drainase di sana," ujar Kepala Dinas PUPR-PKPP Riau, M Arief Setiawan melalui Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan dan Jembatan Wilayah I, Khairul Anwar, Senin (15/1/2024).

Dia mengatakan, upaya tersebut menindaklanjuti intruksi Gubernur Riau terkait penanganan banjir di Riau. Dimana semua pihak agar dapat melakukan langkah-langkah kongkrit, termasuk UPT Jalan dan Jembatan.

"Jadi pak Kadis memerintah seluruh UPT Jalan dan Jembatan Dinas PUPR-PKPP untuk tanggap melakukan penanganan banjir di wilayah masing-masing. Sebab saat ini curah hujan cukup tinggi," sebutnya.

Atas arahan itu, lanjut Khairul, pihaknya mendapatkan laporan bahwa di jalan Siak IV terjadi genangan air akibat pasang keling Sungai Siak, akibat tingginya curah hujan belakang ini.

"Untuk itu, kami diperintahkan pak Kadis untuk menurunkan ekskavator amfibi untuk membersihkan saluran drainase jalan dan parit Belanda. Sehingga diharapkan ketika drainase dan parit tersebut dibersihkan, maka air bisa lebih cepat mengalir ke Sungai Siak," Cakapnya.

Khairul menyampaikan, alat berat ekskavator amfibi tersebut diturunkan ke lokasi pada, Rabu (10/1/2024) lalu dan alat mulai bekerja, Kamis (11/1/2024).

"Saat ini alat masih di lokasi, masih bekerja. Jadi untuk langkah kongkrit kita sementara membersihkan aliran air, agar badan jalan Sudirman ujung tidak tergenang air lagi," tukasnya.


Tulis Komentar