Riau

Jembatan Siak II Rusak Parah, Diperkirakan Butuh Waktu Berbulan-bulan untuk Diperbaiki

Tiang bagian atas Jembatan Siak II yang ada di Jalan Lintas Sumatera di Kelurahan Sri Meranti, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru terlepas

GILANGNEWS.COM - Jembatan Siak II yang menghubungkan Kota Pekanbaru dan Kabupaten Siak, Riau, mengalami kerusakan parah pada Jumat (19/1/2024). Tiang bagian atas jembatan tersebut terlepas, diduga akibat ditabrak alat berat yang diangkut truk saat melintas jembatan itu.

Kepala Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Wilayah I Provinsi Riau, Rudisman, mengatakan, pihaknya telah melakukan pengecekan ke lokasi kejadian. Dari hasil pemeriksaan, diketahui bahwa tiang atas jembatan tersebut terlepas dari ikatannya.

"Kami sudah cek ke lokasi, memang ada kerusakan besi bagian atas jembatan Siak II itu. Informasi yang kami dapatkan dari warga sekitar katanya terkena alat berat yang melintas pada Jumat dini hari," kata Rudisman.

Rudisman menjelaskan, besi yang rusak tersebut telah dipesan dari Pulau Jawa. Namun, besi tersebut belum bisa dipasang karena masih dalam perjalanan.

"Besinya sudah kami pesan, karena besi yang rusak itu bengkok dan tidak dapat digunakan lagi. Kami masih menunggu barangnya dikirim dari Jawa," sebutnya.

Sementara itu, Rudisman mengatakan, pihaknya juga sedang melakukan kajian apakah kerusakan jembatan tersebut mengurangi kekuatan jembatan atau tidak. Jika mengurangi, maka jembatan akan ditutup sementara.

"Sekarang sedang kami kaji, kalau ternyata berpengaruh pada kekuatan jembatan maka akan ditutup sementara," ujarnya.

Kerusakan Jembatan Siak II ini tentu menjadi perhatian masyarakat. Jembatan ini merupakan salah satu jalur utama yang menghubungkan Kota Pekanbaru dan Kabupaten Siak. Kerusakan jembatan ini tentu akan mengganggu kelancaran lalu lintas di kedua daerah tersebut.

Untuk itu, masyarakat diminta untuk berhati-hati saat melintasi Jembatan Siak II. Pihak PJN Wilayah I Provinsi Riau juga diharapkan untuk segera memperbaiki kerusakan jembatan tersebut agar dapat kembali digunakan.


Tulis Komentar