Riau

PSU 31 TPS PT Torganda: Pertarungan Sengit Penentu Kursi DPRD Riau dan Rohul

RIAU - Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 31 Tempat Pemungutan Suara (TPS) kawasan PT Torganda diprediksi bakal berlangsung sengit. Pasalnya, selain menentukan partai peraih kursi Ketua DPRD Riau, PSU juga diprediksi akan mengubah komposisi kursi DPRD Rokan Hulu (Rohul) untuk Daerah Pemilihan (Dapil) 3.

Dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) PSU mencapai 6.435 pemilih, seluruh partai masih berpeluang meraih kursi dengan syarat mampu memaksimalkan raihan suara di 31 TPS PSU. Meski demikian, secara matematis, hanya lima partai yang berpeluang besar meraih kursi karena selisih suara antar partai yang tidak terlalu signifikan serta masih dalam margin jumlah DPT PSU.

Berdasarkan hasil rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2024 yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rohul, PDIP meraih suara terbanyak di Dapil 3 dengan 12.168 suara. Meski harus dikurangi dengan perolehan suara di 31 TPS PSU sebanyak 965 suara, PDIP sementara ini masih meraih dua kursi yakni kursi pertama (11.203 suara) dan kursi kelima (3.734 suara).

Selain PDIP, Partai Gerindra juga meraih suara signifikan di Dapil 3. Partai besutan presiden terpilih Prabowo Subianto itu berhasil meraih suara terbanyak kedua di dapil 3 dengan 9.909 suara. Pasca putusan MK, Partai Gerindra sementara ini masih mengamankan dua kursi yakni kursi kedua (9.819) dan kursi ke enam (3.273).

Partai Golkar yang pada pemilu 14 Februari 2024 meraih 6.018 suara harus berkurang sebanyak 454 pasca putusan MK. Sementara ini Golkar mengamankan kursi ke-4 (5.654) di Dapil 3, namun masih berpeluang menambah 1 kursi jika maksimal di PSU.

Partai Demokrat juga berhasil mengamankan dua kursi di Dapil 3 meskipun suara berkurang 413 suara (di 31 TPS), pasca putusan MK. Demokrat sementara ini masih menempati kursi ketiga (6.824) dan kursi ketujuh (2.274.), namun berselisih suara tipis 34 suara dari kursi ketiga PDIP (2.241 suara).

Berdasarkan simulasi pembagian kursi metode Sainte-Laguë, selain PDIP, Partai Gerindra, Golkar, dan PKB juga berpeluang merebut kursi ketujuh dari Demokrat jika mampu meraih hasil maksimal di PSU. Pasalnya, selisih sisa suara Gerindra, Golkar, dan PKB juga tidak terlalu jauh dengan Demokrat.

Gerindra memiliki sisa 1.964 suara (kursi ketiga), Golkar 1.885 suara (kursi kedua), dan PKB 1.741 suara (kursi pertama). Jika tidak waspada, kursi ketujuh yang saat ini ditempati sementara oleh Demokrat bukan tidak mungkin bakal direbut partai lain yang mampu meraih suara signifikan pada PSU nanti.

PSU 31 TPS di PT Torganda bukan hanya menjadi ajang pengulangan pemungutan suara, tetapi juga menjadi medan pertarungan penting yang bisa mengubah peta politik di Rohul jelang Pilkada.

Jika PDIP berhasil merebut kursi ketujuh dari Demokrat, maka Partai Banteng itu dipastikan dapat mengusung sendiri calon kepala daerah karena mendapatkan 9 kursi atau 20 persen parliamentary threshold.**


Tulis Komentar