Nasional

5 Rektor IAIN Dilantik Menag

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin

GILANGNEWS.COM - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melantik lima Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) yang sebelumnya berbentuk Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). Kelimanya adalah IAIN Metro Lampung, IAIN Lhokseumawe, IAIN Pekalongan Jawa Tengah, IAIN Kerinci Jambi, dan IAIN Ponorogo Jawa Timur.

Lukman mengingatkan, bahwa alih status dari STAIN menjadi IAIN dipandang sebagai titik awal pembangunan IAIN, baik fisik maunpun non fiksik yang jauh lebih berat dan kompleks. Untuk itu, kata dia, alih status harus diikuti pengembangan kemampuan. Civitas akademika IAIN dituntut dapat membina kemitraan dan budaya akademik yang lebih baik.

Lebih dari itu, rektor dan jajarannya harus dapat meningkatkan kepedulian civitas akademika dalam membentuk gerakan dakwah bagi masyarakat. Hal lain yang harus dilakuakn adalah peningkatan profesionalitas dan akuntabilitas tatakelola IAIN sesuai tuntutan regulasi, dan reformasi birokrasi, dan tuntutan perguruan tinggi.

"Rektor dan jajarannya, kepala biro, dekan, ketua jurusan, adalah unsur organisaai yang berperan penting dalam mengawal perguruan tinggi, peningkatan sarana prasarana dan mutu perguruan tinggi, serta menjadi jangkar moral dan etika di tengah masyarakat," kata Lukman, Rabu (1/2).

Dikatakan Menag, bahwa PTKIN tidak hanya agen perubahan namun menjadi agen penyelamat nilai-nilai masyarakat dan penyelamat negara. Untuk itu, dia berharap, PTKIN dapat berperan dalam pengembangan moderasai Islam, kajian budaya nusantara yang berkemajuan, dan isu-isu kontemporer lainnya.

Pelantikan digelar di Auditorium HM Rasjidi Gedung Kementerian Agama. Hadir dalam kesempatan ini, Sekjen Kemenag Nur Syam, Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin, staf khusus Menag, serta pejabat eselon II dan pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag. Adapun mereka yang dilantik adalah Prof Dr Hj Ernizar MAg sebagai Rektor IAIN Metro Lampung; H Hafifuddin MAg sebagai Rektor IAIN Lhoksemawe; H Ade Dedi Rohayana sebagai Rektor IAIN Pekalongan Jawa Tengah; Dr Y Sonafist MAg sebagai Rektor IAIN Kerinci Jambi, dan Dr Hj S Maryam Yusuf MAg sebagai Rektor IAIN Ponorogo Jawa Timur.

Sumber: kemenag.go.id
 


Tulis Komentar