Nasional

Mendagri Lapor ke Jokowi Soal Pilkada Kotak Kosong

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo

GILANGNEWS.COM - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo melapor ke Presiden Joko Widodo mengenai pelaksanaan pilkada serentak di beberapa daerah. Ikut dilaporkan juga pelaksanaan pilkada yang hanya diikuti satu pasangan calon melawan 'kotak kosong'.

"Kami tadi hanya melaporkan soal pelaksanaan Pilkada ini berjalan aman, di-backup TNI, polisi, BIN, bagus semua," kata Tjahjo saat ditemui di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (16/2/2017).

Dia menyebut calon yang melawan 'kotak kosong' menjadi hal yang menarik dalam pesta demokrasi yang dilakukan di 101 wilayah Indonesia ini.

"Ada yang menarik, kotak kosong menang, dan itu di daerah padat penduduk, padat pemilih, hampir 1,5 juta, di Pati. Padahal partai yang mendukung banyak, tapi yang menang tetap kotak kosong," sambung Tjahjo.

"Menurut saya itu yang menarik. Tapi yang lain kita tunggu proses hasil KPU," ujar dia dilansir detik.com.

Ada 9 daerah di Pilkada serentak 2017 yang hanya diikuti oleh 1 calon. Para calon tunggal itu bertarung melawan kotak kosong untuk merebut suara rakyat dan hasilnya, mayoritas mereka menang.

Sembilan daerah dengan calon tunggal tersebut adalah Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kabupaten Pati, Kabupaten Landak, Kabupaten Buton, Kabupaten Maluku Tengah, Kota Jayapura, Kabupaten Tambrauw, dan Kota Sorong.***


Tulis Komentar