Nasional

Misterius! Uap Panas Muncul di Pekarangan Rumah Warga

Warga Dusun Kayeng, Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul digegerkan oleh semburan uap panas misterius yang tiba-tiba muncul di salah satu pekarangan milik warga setempat, Kamis (16/2/2017)

Akhirnya warga menggantinya dengan pipa besi panjang untuk menyalurkan uap yang keluar dari dalam lubang.

"Sampai sekarang uap tersebut terus keluar, kami pasang pipa supaya asap tidak menyebar ke dalam rumah. Kami juga tidak tahu itu asap apa, kami khawatir bisa berbahaya," ujar Supriyono.

Ketua RT 02/03 Dusun Kayeng, Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Tugiyo, mengatakan,menurut cerita leluhur tempat tersebut puncak gunung api purba karena lokasinya yang berdekatan dengan Gunung Api Purba Nglanggran.

Atas kejadian tersebut, pihaknya langsung melaporkan kepada petugas kepolisian, pihak kelurahan dan kecamatan.

Sementara itu, Camat Gedangsari, Muhammad Setyawan Indriyarto menuturkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan juga BPBD untuk memeriksa penyebab keluarnya uap panas tersebut.

Ia pun mencoba memeriksa hasil sulingan dari uap ke Dinas Kesehatan, untuk mengetahui kandungan air dari uap panas.

"Kami masih menunggu perkembangan, dan juga memasang garis pengaman, mengantisipasi pengunjung yang semakin berdatangan," tuturnya.

Setyawan mengatakan, persitiwa ini kedua kalinya terjadi, setelah pada 2015 lalu terdapat peristiwa yang sama di Desa Ngalang.

Diakuinya, pihaknya masih belum mengetahui penyebab pasti terkait semburan uap panas tersebut.

Namun diduga adanya ground listrik yang terjadi di sekitar rumah.

"Semoga lekas mendapatkan jawaban asap apa yang ada di padukuhan kayeng ini, mudah-mudahan tidak berbahaya," ujar Setyawan.***

Sumber: Tribun


Tulis Komentar