Nasional

TNI Gagalkan Penyelundupan Minyak Tanah ke Timor Leste

TNI amankan hasil selundupan

GILANGNEWS.COM - Ribuan liter bahan bakar minyak bersubsidi jenis minyak tanah yang hendak diselundupkan ke Timor Leste digagalkan aparat  perbatasan di Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, dilansir tempo.co Selasa, 21 Februari 2017.

Ribuan liter  minyak tanah itu dibongkar apaparat saat ditimbun di rumah penduduk sebelum diselundupkan ke Timor Leste melalui jalur tikus di sepanjang wilayah perbatasan kedua negara.

Setelah disita, minyak tanah yang disimpan dalam jeriken berukuran 20 dan lima liter itu dibawa ke Markas Komando Distrik Militer 1605 Belu. Aparat masih mendalami informasi penduduk di sekitar daerah perbatasan untuk mencari tahu siapa pemilik minyak tanah ilegal itu.

Komandan Kodim 1605 Belu Letnan Kolonel Nurhidin Nugroho mengatakan terbongkarnya timbunan minyak tanah itu bermula ketika aparat mendapatkan informasi dari warga Silawan bahwa ada minyak tanah ilegal di salah satu rumah kosong.

"Kami menindaklanjuti laporan tersebut untuk dilakukan penyelidikan. Hasilnya, apaprat gabungan langsung menyerbu lokasi yang sudah menjadi target operasi itu," katanya.

Dari hasil penindakan itu didapatkan tumpukan ribuan liter bahan bakar minyak jenis minyak tanah yang sudah siap untuk di selundupkan dengan melalui jalur laut.

Nurhidin mengaku kesulitan mendeteksi aksi penyeludupan karena luasnya wilayah perbatasan antara Indonesia- Timor Leste. Karena itu, pihaknya bekerjasama dengan warga desa di wilayah perbatasan untuk membantu aparat keamanan dari upaya penyeludupan ini. "Keterbatasan aparat di wilayah perbatasan membuat aksi para pelku penyelundupan ini terus marak terjadi," ujarnya.***


Tulis Komentar