Nasional

Hanura Kubu Daryatmo Siap Duduk Bersama dengan OSO

Wakil Ketua Umum DPP Partai Hanura Sudewo, menyatakan siap untuk melakukan rekonsiliasi dengan kubu Oesman Sapta Odang.

GILANGNEWS.COM - Pengurus DPP Hanura kubu Ketua Umum Marsekal Madya (Purn) Daryatmo bersedia untuk duduk bersama dengan kubu Oesman Sapta Odang (OSO) untuk menyelesaikan konflik partai seperti yang disarankan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

"Sebenarnya bukan ranah menkumham. Tapi untuk menyelamatkan Hanura, prinsipnya kami bisa duduk bersama dan siap berekonsiliasi," ujar Wakil Ketua Umum Hanura kubu Daryatmo, Sudewo di Hotel Sultan Jakarta, Minggu (8/1).

Namun dia memberi syarat bahwa kesepakatan rekonsiliasi itu harus dilakukan dengan tujuan menyelamatkan partai dan bukan untuk menguasai partai.

"Formatnya bukan untuk menguasai partai. Saya ulangi, bukan untuk menguasai tapi menyelamatkan Partai Hanura. Kalau tujuannya itu kami siap rekonsiliasi," katanya.

Yasonna sebelumnya telah meminta kedua belah pihak yang bertikai di Hanura segera duduk bersama. Jika tidak, menurutnya, pertikaian itu akan merugikan Hanura sebagai parpol.

Pertikaian ini berawal ketika OSO mendapatkan mosi tidak percaya dari sejumlah pengurus DPD dan DPC Hanura dan dilengserkan dari kursi ketum. Hanura di bawah arahan Syarifuddin Sudding kemudian menetapkan Daryatmo sebagai ketum yang baru.

Sudewo mengaku telah bertemu dengan Ketua Dewan Pembina Partai Hanura Wiranto untuk membahas konflik yang terjadi di internal partai. Ia tak menampik ada pembicaraan soal rencana rekonsiliasi dengan kubu OSO.

"Ya ada pembicaraan itu (rekonsiliasi)," ucapnya.

Menurutnya, Wiranto tak mempermasalahkan siapa pun yang memimpin Hanura selama berkualitas dan memiliki moral yang baik.

"Pak Wiranto menegaskan kami butuh pemimpin yang berkualitas, punya moral, dan manajerial andal. Kalau itu kategorinya dan motivasinya besarkan Hanura, kami welcome saja," tuturnya.


Tulis Komentar