Pekanbaru

Walikota Firdaus Akan Meresmikan Pasar Tradisional Tengku Kasim

Ingot Ahmad Hutasuhut.

GILANGNEWS.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan meresmikan pasar tradisional Tengku Kasim yang berada di Kelurahan Rumbai Bukit, Kecamatan Rumbai. Dengan keberadaan pasar tradisional ini diharapkan bisa membantu para pedagang yang sering berjualan di pasar kaget.

"Pembangunan pasar kan sudah selesai, akan mubazir jika tak dimanfaatkan. Nanti aset-aset di sana bisa rusak kalau dibiarkan kosong. Insya Allah pekan depan Pak Walikota Firdaus akan meresmikan," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DPP) Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut, Kamis (1/2/2018).

Dikatakan Ingot, meskipun nantinya pasar Tengku Kasim diresmikan, namun hal ini masih belum dibarengi dengan penyerahan aset oleh Kementerian Perindustrian dan Perdagangan. Sehingga Pemko belum bisa menarik retribusi dari pengoperasian pasar ini.

"Untuk sementara, kita swadaya bekerja sama dengan pihak LPM setempat. Setelah aset diserahkan baru bisa kita hitung potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD,red)," ungkapnya.

Ada sekitar 198 kios yang siap ditempati oleh para pedagang. Namun kata Ingot lagi, untuk jumlah pedagang sendiri masih fluktuatif. "Kemarin pedagang sudah cabut undi untuk posisi kios. Jadi ini masih berproses untuk pendataan pedagang yang harus rampung minggu ini," imbuhnya.

Pasar tradisional ini, diharapkan menjadi solusi masyarakat setempat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Untuk itu, Ingot mengimbau masyarakat agar berbelanja ke pasar tradisional dan tidak memilih berbelanja di pasar kaget.

"Karena di Pasar Pemerintah baik pasokannya, asal-muasal barang dijual serta timbangan jelas dikontrol," pungkasnya.


Tulis Komentar