Pekanbaru

Andi Rachman Minta Situs yang Terbakar di Siak Segera Direvitalisasi

Andi Rachman.

GILANGNEWS.COM - Gubernur Riau non aktif, Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA, mengungkapkan rasa keprihatinanya atas musibah kebakaran yang terjadi di Kampung Dalam, Kota Pusaka, Siak Sri Indrapura, dini hari, Sabtu, (17/2/2018), kemarin.

"Saya prihatin atas musibah yang terjadi di kota pusaka Siak Sri Indrapura. Apalagi ada sekolah yang memiliki nilai sejarah yang ikut terbakar. Dinas terkait harus merevitalisasi segera situs tersebut. Jangan sampai hilang nilai sejarahnya. Kita prihatin atas musibah ini," ujar Arsyadjuliandi Rachman yang akrab disapa Andi Rachman ini kepada wartawan.

Menurut Calon Gubernur Riau nomor 4 ini, kebesaran kerajaan Siak harus dipertahankan keberadaannya sehingga generasi penerus tahu bahwa masa lalu Riau jaya dan cemerlang. Bahkan sumbangan Sultan Syarif Qasim terhadap negeri ini tidaklah sedikit.

Selain Siak, sudah seharusnya Cagar Budaya yang ada di wilayah Riau mendapat perhatian semua pihak. Hal ini dikarenakan Cagar Budaya, baik bergerak maupun tak bergerak dan nilai budaya merupakan identitas atau jati diri Provinsi Riau.

"Ini sejalan dengan visi Riau 2020 yang berhajat menjadi pusat kebudayaan Melayu di bentangan Asia Tenggara tahun 2020,” ungkapnya.

Dikatakan Andi Rachman yang semasanya Dinas Kebudayaan Riau berdiri ini, banyak peninggalan bersejarah kampung kota pusaka ini yang sudah diusulkan menjadi cagar budaya ditetapkan di tingkat provinsi.

"Dinas atau badan terkait harus segera respon dengan musibah ini. Semoga masyarakat yang terkena musibah sabar menghadapi cobaan ini," pintanya.


Tulis Komentar