Pekanbaru

Penabalan Gelar Kehormantan Adat dari LAM Riau, Ustaz Abdul Somad Harus Tetap Jadi Ulama Umat Bukan

GILANGNEWS.COM - Setelah melalui prosesi adat pemberian tepuk tepung tawar oleh tokoh adat dan agama, akhirnya Ustaz Abdul Somad Lc MA menyandang gelar kehormatan adat Datuk Seri Ulama Setia Negara dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau.

Pemberian gelar adat yang berlangsung di Balai Adat jalan Diponegoro Pekanbaru, Selasa (20/2/2018) dihadiri majelis undangan LAM Riau, Sekdaprov Riau, DPRD Riau, Kapolda Riau dan Forkopimda lainnya.

Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM Riau, Al Azhar dalam sambutannya mengatakan, pemberian gelar adat Seri Ulama Setia Negara kepada Ustaz Abdul Somad telah sesuai dengan kriteria dan ketentuan yang berlaku di LAM Riau.

"Ustaz Abdul Somad ini telah berperan penting dalam menyiarkan agama Islam dan memegang teguh adat-istiadat Melayu," ungkapnya.

Karena itu, Al Azhar mengajak seluruh masyarakat Riau untuk selalu mengingatkan sebagai konsekuensi pemberian gelar yang diberikan kepada Ustad Abdul Somad.

Dengan diberikan gelar tersebut, lanjut Al Azhar, maka kewajiban yang harus dipegang oleh Ustaz Abdul Somad tetap berpegang teguh terhadap apa yang sudah dijalani dan dirintis yakni menjadi ulama umat.

"Jadi bukan menjadi pengamat politik, atau menjadi ulama segelintir kelompok orang, tapi harus menjadi ulama semua umat dalam mensiarkan agama Islam," harapnya.

Disamping itu, tambah Al Azhar, penabalan gelar adat Ustaz Abdul Somad merupakan bentuk perhatian LAM kepada ulama Riau. Karena kasih sayang umat kepada ulama akan membawa rahmat.

"Mudah-mudahan apa yang telah dirintis Ustad Abdul Somad sebagai ulama bisa menjadi inspirasi kita semua untuk meraih kejayaan Riau di masa lampau dengan wajah-wajah baru saat ini," harapnya.

Pemprov Riau Apresiasi

Sementara itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sangat mengapresiasi langkah Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau memberi gelar adat Datuk Seri Ulama Setia Negara kepada Ustaz Abdul Somad Lc MA.

"Tentu kita memberi apresiasi dan penghargaan terhadap LAM yang telah berinisitif memberikan gelar kepada Ustaz Abdul Somad," ungkap Ahmad Hijazi, Sekdaprov Riau.

Menurutnya penabalan gelar adat oleh ustaz kondangan asal Riau itu disamping penghargaan, pengakuan dan menjaga. Sebab UAS dimatanya merupakan putra terbaik Riau yang telah menunjukan kepada masyarakat dunia, bahwa putra Riau memiliki kepiawaian dalam berdakwah.

"Kita juga berbangga terhadap kegigihan Ustaz Abdul Somad yang tetap istiqomah menghadapi berbagi masalah," ungkapnya lagi.

Selain itu, lanjut Ahmad Hijazi, penabalan gelar adat Ustaz Abdul Somad juga mendapat apresiasi masyarakat. Karena masyarakat dan ormas Islam cukup antusias menyaksikan prosesi penabalan gelar ustad tamatan Kairo ini.

"Bahkan kita lihat dan dengar tidak ada suara sumbang yang terdengar atas penghargaan LAM kepada Ustaz Abdul Somad. Itu menandakan bahwa masyarakat Riau memiliki kerekatan melihat sosok Ustaz Abdul Somad," bebernya.

Ahmad Hijazi menambahkan, momentum dari penabalan gelar adat Abdul Somad untuk menstimulus putra-putri terbaik Riau, bahwa menuntut agama Islam itu bukan sesuatu yang terbelakang.

"Menuntut ilmu agama itu adalah keutamaan yang menjadikan seseorang unggul dalam segala bidang dan profesi. Karena ulama dan dai itu bisa dianggap berbagai hal, bisa disebut sebagai profesi dan tugas mulia," tukasnya.


Tulis Komentar