Nasional

Tim SAR Masih Cari 20 Penumpang KM Fungka

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Tim SAR masih mencari 20 penumpang KM Fungka Permata V yang terbakar dan tenggelam di perairan Banggai Laut, Sulawesi Tengah, Jumat (14/9) petang. Hingga Sabtu (15/9) tim SAR sudah berhasil menemukan 126 penumpang selamat dan 10 orang meninggal dunia.

"Di antara yang selamat itu, terdapat 11 anak buah kapal bersama nakhodanya Andi Sulistiyono, sedangkan yang meninggal dunia terdapat dua balita," ungkap Aksar Amir, pejabat BPBD Banggai Laut kepada Antara.

Aksar mengatakan hingga saat ini belum dapat merinci identitas korban. Namun ia memastikan korban meninggal dunia terdiri dari tujuh perempuan, satu laki-laki, dan dua balita.

Tim SAR menemukan korban selamat terapung di lautan. Sebagian menggunakan pelampung dan lainnya menggunakan sampan serta papan-papan seadanya dari bekas KM Fungka yang terbakar dan tenggelam.

Aksar mengatakan, seluruh korban selamat dan meninggal dunia dievakuasi dari lokasi kejadian menggunakan kapal penumpang KM Lapolo Ekspres. Sementara upaya pencarian sisa korban hingga kini masih terus dilakukan.

Kapal penumpang KM Fungka Permata terbakar di Perairan Pulau Sagu, Sulawesi Tenggara (Sultra) sekitar pukul 19.50 WITA.

Laporan anak buah kapal yang selamat dari musibah menuturkan kejadian tersebut bermula saat mesin tiba-tiba panas karena air pendingin tidak jalan hingga akhirnya membakar kapal. Kapal diketahui tenggelam di sekitar Pulau Tagong Sagu, Kecamatan Bangkurung, kabupaten Bangai Laut.

Kapolres Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, AKBP Idam menyebut bahwa pada pukul 18.50 WITA, pihaknya menerima informasi dari Kepala Desa Tagong Sagu, Kecamatan Bangkurung mengenai insiden tersebut. Tim SAR bersama petugas TNI, Polri, dan BPBD menempuh perjalanan empat jam dan menembus gelombang cukup tinggi untuk memberikan pertolongan hingga sampai di lokasi kejadian.

KM Fungka diketahui berlayar dari Baubau, Sulawesi Tenggara dengan tujuan akhir Taliabo, Maluku Utara diperkirakan membawa 150-an penumpang, termasuk ABK. Kapal diperkirakan terbakar pada posisi koordinat 02 0' 41.67"S - 123 22' 37.66"E.


Tulis Komentar