Nasional

Megawati Sebut Kerap Dituding PKI Saat Bicara soal China

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberi sambutan saat pembukaan pembekalan caleg DPR RI PDIP Angkatan III, Jakarta, Kamis (15/11).

GILANGNEWS.COM - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengaku kerap dituding sebagai orang Partai Komunis Indonesia (PKI) saat berbicara mengenai negara China.

"Kalau saya bicara yang namanya China, seringkali saya langsung dikatakan 'oh Ibu Mega itu orang PKI'," ujar Megawati saat berpidato dalam acara 'Pembekalan Caleg DPR dari PDIP' di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis (15/11).

Megawati mengaku heran terhadap tudingan itu. Ia lantas mempertanyakan pemahaman pihak penuding mengenai PKI.

"Ini mengerti (PKI) apa tidak. Asal menyebut saja," ujarnya.

Cerita Megawati dituding PKI karena berbicara tentang negara China disampaikan kala membahas soal kondisi Indonesia saat ini yang belum maju meski sudah 73 tahun merdeka.

Dalam konteks itu Mega kemudian menyinggung China, salah satu negara yang sempat di belakang Indonesia namun kini berada di depan.

Sebelumnya, Megawati di forum yang sama mengungkapkan keinginannya untuk pensiun dari posisi orang nomor satu di PDIP. Dia ingin pensiun karena merasa sudah cukup lama menjadi Ketum PDIP.

"Memang saya kalau dilihat, perjalanan politik sudah cukup lama. Saya ketum parpol paling senior sekian lama belum diganti-ganti, padahal saya sudah lama berharap diganti," ujar Megawati. 

Megawati menjabat sebagai Ketum PDIP sejak tahun 1993 saat partai itu masih bernama PDI. Kursinya sempat digoyang lewat Kongres Luar Biasa PDI tahun 1996 yang menetapkan Soerjadi sebagai Ketum PDIP.

Tak menerima hasil itu, PDI di bawah kepemimpinan Megawati berubah nama menjadi PDI Perjuangan. Sejak saat itu, kursi Megawati tidak pernah goyah hingga saat ini.


Tulis Komentar