Nasional

Timses Jokowi: Fadli Zon Memperkosa Khitah Puisi

Fadli Zon.

GILANGNEWS.COM - Timses capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin mengkritik puisi yang dibuat Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Menurut timses Jokowi-Ma'ruf, Fadli memperkosa khitah atau tujuan dasar puisi yang harusnya penuh keindahan.

"Ini puisi kebencian. Sebagai karya sastra, puisi semestinya penuh keindahan. Sebagai alumni Fakultas Sastra, Fadli Zon semestinya paham itu. Tetapi karena syahwat politiknya lebih besar daripada cipta, rasa, dan karsanya, Fadli Zon memperkosa khitah puisi yang semestinya penuh keindahan menjadi penuh kebencian," kata Direktur Komunikasi Politik TKN Jokowi-Ma'ruf, Usman Kansong, kepada wartawan, Kamis (6/12/2018).

Menurut Usman, puisi yang semestinya abadi kini menjadi bersifat sesaat karena disesaki kebencian. Dia mengaku tak akan membalas puisi Fadli lewat puisi karena tak mau ikut-ikutan memperkosa keindahan puisi.

"Puisi yang semestinya abadi, menjadi bersifat sesaat karena disesaki kebencian. Saya tidak mau menjawab puisi kebencian Fadli Zon dengan puisi lagi karena itu sama saja saya 'memerkosa' keindahan puisi. Saya termasuk orang yang memuliakan puisi. Puisi terlalu indah untuk menjadi wahana untuk mengungkapkan kebencian. Tapi, bukan Fadli Zon namanya kalau otak dan hatinya tak sesaki dengan kebencian demi melampiaskan syahwat politiknya," ujarnya.

Sebelumnya, Fadli menulis puisi terbaru. Kali ini, Fadli menulis puisi berjudul 'Jaenudin Nachiro Namamu'.

Puisi itu diunggah Fadli di akun Twitter-nya, @fadlizon, Rabu (5/12/2018). Dalam salah satu baitnya, ia menyebut-nyebut 'moncong putih berliur ludah.

Berikut puisi Fadli berjudul 'Jaenudin Nachiro Namamu':

Jaenudin Nachiro Namamu

Jaenudin Nachiro namamu
Otak pas-pasan setengah dungu
Matamu menyala merah
Moncong putih berliur ludah

Jaenudin Nachiro namamu
Meniti realita padahal semu
Narasi pandir kosong tak berisi
Membuat malu seantero negeri

Nachiro sulap jadi pembalap
Naik chopper gaya alap-alap
Nachiro bermahkota ala raja
Bicara gagap tak punya data

Nachiro tunjukkan kuasa
Bikin sempurna mau ketawa
Nachiro kerja minus prestasi
Mengigau di tengah mimpi

Nachiro oh Nachiro
Potret zaman sontoloyo

Fadli Zon, Citeureup, Bogor, 5 Des 2018   


Tulis Komentar