Nasional

Pemerintah Kupang Minta Nelayan Waspadai Gelombang Tinggi

Para nelayan diingatkan untuk senantiasa memperhatikan keselamatan jiwa.

GILANGNEWS.COM - Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, meminta para nelayan setempat untuk mengutamakan keselamatan jiwa.

Pasalnya, gelombang laut yang tinggi di wilayah perairan Timor harus diwaspadai, senada seperti himbauan BMKG Kupang.

"Kami minta para nelayan untuk lebih waspada selama daerah ini dilanda cuaca ekstrem, dengan tidak melakukan aktivitas di tengah laut saat terjadi cuaca buruk," ucap Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Kupang, Orson Nawa, seperti dilansir dari Antara, Minggu (30/12).

"Keselamatan jiwa harus menjadi prioritas bagi setiap nelayan. Apabila terjadi cuaca buruk, untuk tidak memaksakan diri turun ke laut mencari ikan karena gelombang tinggi disertai hujan dan angin kencang yang sedang melanda NTT sangat membahayakan keselamatan diri nelayan," lanjut Nawa.

Nawa menjelaskan, secara berkala pemerintah Kota Kupang telah memberi edukasi kepada para nelayan untuk mengantisipasi kecelakaan di laut dengan terus mengikuti perkembangan cuaca dari BMKG.

Ia meyakini para nelayan di ibukota provinsi NTT telah memahami terkait kondisi gelombang dan waktu yang tepat untuk turun melaut.

Namun bagi Nawa, sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk terus mengingatkan para nelayan untuk selalu mewaspadai cuaca buruk sehingga tak perlu dipaksakan turun melaut ketika kondisi gelombang sedang tinggi.


Tulis Komentar